Pages

Thursday, March 31, 2011

Alat Kontrasepsi yang Baik

Saya seorang ibu yang bekerja, berusia 35 tahun dengan anak 3. Setelah melahirkan anak pertama saya langsung kb spiral. Sejak pasang kb sampai sekitar 5 tahunan saya selalu keputihan yang sangat menyiksa. Begitu spiral diangkat saya hamil anak kedua. Setelah anak kedua lahir, saya jadi kebingungan mau pake kb apa. Karena terlalu lama berpikir malah hamil lagi yang ketiga. Setelah kelahiran anak ketiga saya coba kb suntik. Sampai sekarang sudah sekitar 2 tahun saya memakai kb suntik, dan akibatnya berat badan naik 10 kg lebih, mata menjadi kering, sering sesak nafas. Yang ingin saya tanyakan, kb jenis apa yang paling aman dan paling kecil efek sampingnya?

-Eni-

Jawaban:Â

Ibu Eni yang baik,

Mengenai kontrasepsi, sangat bersifat individual. Memang pada beberapa kasus, pemakaian spiral, ada yang menderita keputihan. Sementara pada kontrasepsi suntik yang mengandung hormon, pada beberapa kasus menyebabkan kegemukan.

Saya sarankan agar ibu berkonsultasi langsung kepada Dokter Spesialis Kebidanan & Kandungan sehingga didapatkan metoda kontrasepsi yang paling cocok untuk ibu. Namun untuk sementara ini ibu dapat menggunakan kondom, baik kondom untuk pria (suami ibu) ataupun kondom untuk wanita yang sekarang ini saya rasa sudah tersedia di apotik-apotik besar.

Demikian jawaban dari saya, semoga Ibu memakluminya.

Wassalam,

dr. Ira Riza

No comments: