Saturday, September 8, 2012

Penyakit Gatal yang Menurun dari Ayah

Dok, saya punya penyakit gatal-gatal seperti kurap di hampir seluruh badan. Ini saya dapatkan dari bapak saya, anehnya ini penyakit cuma diderita sama anak orangtua saya yang berjenis kelamin laki-laki saja.

Gatal-gatalnya datang setelah terkena cahaya matahari yang berlebihan atau pas suhu udara panas. Kira-kira pengobatan dan obat apa yang tepat buat saya? Terimakasih.

Boylan (Pria Lajang, 27 Tahun), boljug_x@yahoo.co.id
Tinggi Badan 177 cm dan Berat Badan 72 kg


Jawaban

Salam Boylan,
Sayangnya saya tidak melihat kondisi kulit saudara karena tidak terlampir foto. Ada banyak kondisi penyakit kulit yang diwariskan dengan gejala serupa yaitu gatal dan reaksi menghebat saat udara panas dan berkeringat saat terkena matahari.

Yang sering terjadi adalah penyakit eczema yang diturunkan. Kondisi ini ditandai dengan kulit kering yang mudah gatal dan semakin bertambah hebat saat udara panas. Kulit kering ini yang menjadi penyebab tidak baiknya perlindungan diri terhadap udara luar.

Dalam kasus Saudara karena penyakit ini lebih bersifat 'bawaan' dan tidak ada penyebab khusus, maka perawatan dan pencegahan menjadi faktor yang sangat penting.

Gunakan selalu pelembab namun yang tidak berpengharum, jangan gunakan bahan-bahan antiseptik karena akan semakin membuat kulit menjadi teriritasi, dan gunakan sabun bayi untuk mandi. Jika didapatkan perbaikan, maka perawatan seperti ini sebaiknya dilakukan terus menerus. Semoga bermanfaat.

dr Eddy Karta SpKK

No comments: