Friday, September 7, 2012

Penciuman Terganggu Karena Sering Cabut Bulu Hidung

Dok, hidung saya bermasalah saat mencium wewangian yang tercium oleh hidung ketika itu hanya bau ikan tuna baik di jalan, kantor, di rumah. Sebelumnya saya sering mencabut bulu hidung yang warnanya sudah putih alias beruban.

Mohon penjelasannya apakah itu efek dari seringnya cabut bulu hidung? Dan apakah bahayanya, serta bagaimanakah cara mengobatinya? Kalau saya harus mengkonsumsi obat-obat apakah yang harus saya minum? Mohon penjelasannya. Terimakasih.

Beny (Pria Lajang, 28 Tahun), benyXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 168 Cm dan Berat Badan 60 Kg

Jawaban

Gangguan penghidu tidak berkaitan dengan kebiasaan cabut bulu hidung. Umumnya terjadi karena adanya sumbatan pada hidung atau gangguan pada saraf pembau di otak. Sumbatan pada hidung seringkali karena ada peradangan pada daerah rongga hidung dan sinus.

Gangguan penghidu yang semakin berat dalam waktu singkat harus dipastikan penyebabnya. Bila gangguan penghidu cukup ringan dan hilang timbul biasanya tidak berbahaya.

Kebiasaan cabut bulu hidung sebaiknya ditinggalkan. Selain bulu hidung bermanfaat untuk filter hidung, kebiasaan tersebut dapat berisiko infeksi pada daerah rongga hidung.

Dr. Agus Subagio, Sp THT

No comments: