Wednesday, September 5, 2012

Gendang Telinga Pecah, Kuping Selalu Berdengung

Dok, telinga saya gendangnya sudah pecah akibatnya saya selalu merasakan berdengung di kiri kanan telinga. Bagaimana caranya supaya dengungannya hilang? Trimakasih Dok.

Charlie (Pria Menikah, 41 Tahun), charlie@mercubuana.ac.id
Tinggi Badan 168 Cm dan Berat Badan 70 Kg

Jawaban

Telinga mendengung memang dapat terjadi bila gendang telinga sudah tidak utuh lagi. Biasanya bila gendang telinga yang pecah berukuran kecil, gejala yang lebih menonjol adalah suara mendengung. Sedangkan bila gendang telinga yang pecah berukuran besar, maka gejala yang menonjol adalah gangguan pendengaran.

Umumnya bila pecahnya gendang telinga akibat adanya trauma dan belum lama terjadi serta tidak ada infeksi pada telinga tengah, maka tubuh kita akan berusaha memperbaiki sendiri dan gendang telinga akan rapat kembali.

Tetapi bila telah berlangsung 2 bulan atau lebih dan telah terdapat jaringan parut pada tepi lubang gendang telinga, maka gendang telinga yang pecah tidak akan kembali baik lagi.

Bila memang telah dipastikan penyebab dari keluhan berdengung adalah pecahnya gendang telinga, dan tidak dapat menutup sendiri, maka dapat dipertimbangkan untuk melakukan operasi penambalan gendang telinga yang pecah (timpanoplasti). Sebaiknya Anda berkonsultasi secara mendalam ke dokter spesialis THT terdekat.

Dr. Agus Subagio, Sp THT

No comments: