Pages

Saturday, January 15, 2011

Kulit bersisik, kasar dan kering

Salam Dokter,

Akhir-akhir ini kulit wajah saya timbul seperti sisik terasa sangat kasar dan kering. Padahal saya rajin membersihkan muka dan tidak pernah ganti-ganti kosmetika. Sekarang bila saya memakai bedak pun terasa perih. Apakah saya terserang alergi? O..iya dok. sebenarnya kulit wajah saya tipe berminyak, tapi semenjak kena penyakit ini, kulit saya tidak pernah berminyak dan keluar keringat. Apakah benar saya sedang mengalami pergantian kulit. mohon penjelasannya dok.

Terima kasih.

Jawaban:

Princess Tiwi yang baik, keadaan kulit anda berminyak merupakan usaha tubuh untuk mencegah kulit menjadi kering. Sayangnya saya tidak mendapat data yang mencukupi mengenai umur, berat badan serta tinggi badan anda.

Dengan memakai kosmetik yang mengandung banyak cairan sebenarnya malah membuat kult anda menjadi semakin kering. Makin kering kulit anda, maka kulit akan mudah meradang sehingga terasa sakit. Struktur kulit bagian lebih mudah terganggu. Untuk itu, sebaiknya anda menggunakan pelembab kulit yang banyak mengandung AHA (Alfa Hidroxy Acid) dan Vitamin C dan Vitamin E. Hindari “peeling” karena akan membuat kulit semakin meradang.

Bila kondisi tidak membaik, sebaiknya anda menghubungi dokter kulit.
Demikianlah, semoga bermanfaat dan terima kasih atas pertanyaannya.

(Dr. Indragiri)

1 comment:

adena said...

sore dok,

saya corri, saya mau tanya hidung saya mulai kelas 2 SMK sampai sekarang itu kulit luarnya merah, kata ibu saya mungkin karena sering saya pegang jadinya merah, bagaimana cara mengatasinya, apa hidung saya itu karena alergi makanan atau apa, mohon solusinya.
terima kasih sebelumnya.