Pages

Saturday, January 15, 2011

Bercak Putih

Dear Dr,
Sudah sebulanan ini saya coba mengobati bercak putih yang ada pada daerah di bawah perut saya (dekat kemaluan) yang rasanya gatal dengan menggunakan salep obat Daktarin dan Fungiderm, tapi sepertinya prosesnya agak lambat, penyakit kulit ini sendiri baru kira-kita 6 mingguan saya derita, saya berencana mengganti obat dengan menggunakan Kalpanax, apakah obat ini lebih ampuh dari pada 2 jenis obat yang saya gunakan diatas?

Terimakasish atas bantuan dan kesediaanya memberikan penjelasan. Â

Salam

-Untung-

Jawaban:

Yth Bapak Untung,

Sepertinya Bapak mengalami gangguan kulit berupa jamur yang ditandai dengan adanya bercak putih yang terasa gatal. Biasanya, rasa gatal ini akan bertambah bila kulit lembab oleh keringat.

Adapun obat yang Bapak berikan selama ini (daktarin dll) memang merupakan obat anti-jamur yang bersifat topikal, artinya mengobati gangguan jamur dari luar. Seberapa cepat obat ini mengatasi jamur tersebut tergantung dari seberapa luas kondisi bercak yang ada, berapa lama keluhan telah timbul dan apakah ada penulit lain (seperti infeksi, kencing manis, dll).
Sedangkan obat Kalpanax, merupakan obat untuk mengatasi gangguan kulit dengan cara membuat kulit yang sakit terkelupas, oleh karena itu harus dihindari pemakaiannya pada kulit yang luka.

Silahkan konsultasi ke dokter bila setelah 2 bulan pemakaian teratur belum menunjukkan tanda penyembuhan.

Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.
Terima kasih.

dr. Arief R.

No comments: