Pages

Saturday, January 15, 2011

Penyakit Kaligata

slmt siang dokter.....
dok, sy mau tanya..anak saya rafi (2 thn) beberapa hari yg lalu dia kena campak makanya sampai saat in dia blm saya mandikan krn mnrt dokter tunggu sampai benar-benar keluar semua dan sisik hitamnya hilang. tp skrg tiba-tiba badannya gatal-gatal dok seperti biduran, yg bentol-bentol besar dan seringnya timbul pada waktu sore..saya binggung dok hrs bagaimana krn tiap mlm dia nangis trs krn gatal untuk itu saya berikan dia obat incidal untuk mengurangi gatal dan alhamdulillah gatal berkurang tetapi kok bento-bentolnya timbul trs ya dok...kira-kira sampai brp lama sembuhnya, apakah anak saya blh dimandikan dok...tolong dokter informasikan sebaiknya rafi minum obat apa dokter agar tdk timbul kaligata lagi.

trimakasih,
neny gazali
jakarta

Jawaban:

Ibu neni yang sedang bingung…
Kalau membaca informasi yang ibu berikan,Ă‚ saya menduga anak ibu menderita alergi. kemungkinan karena perubahan cuaca seperti sekarang ini dimana kita memasuki musim pancaroba. Selain itu penyakit campak yang disebabkan oleh virus, pada sebagian penderita memang menimbulkan rasa gatal yang berlebihan.

Saya anjurkan agar ibu memandikan anak ibu dengan menggunakan air hangat dan waslap saja, tidak usah disiram, sehingga tidak terjadi penumpukan kuman di kulit yang akan mengakibatkan bertambahnya rasa gatal tersebut dan juga dapat mencegah terjadinya infeksi sekunder akibat bakteri yang menumpuk di kulit.

Mungkin ada baiknya Rafi diberi lotion penghilang gatal atau bedak gatal yang berbentuk cair. Untuk sementara stop dahulu incidalnya, ganti dengan obat syrup yang mempunyai kandungan cetirizin. Jika berat badan anak ibu > 15 kg, beri dia 1 sendok teh, 1 x sehari pada waktu menjelang magrib.

Ganti baju 2 kali sehari dan usahakan bahan dasarnya adalah katun dan jika gejala sudah menghilang, obat segera distop. Namun jika gejala masih berlanjut, bawa anak ibu ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat.

dr. Ira Riza

No comments: