Pages

Saturday, January 15, 2011

Jerawat ataukah Kanker Kulit?

Sebelum nya saya minta maaf kalo mengganggu bapak ,saya ada keluan
tentang penyakit saya saya merasa malu pak dengan penyakit saya kenapa
di dada dan perut ,tangan ada jerawat kalo di tekan sakit susah di
keluarin apa ini semacam kangker kulit pak mohon penjelasan dan obat
apa yang bisa menyembuhkan penyakit saya ini ,mohon dokter bisa
menjelaskan dengan jelas mau berobat saya nggak ada uang buat berobat
saya mohon bapak bisa ngasih jalan keluarnya

sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih

Jawaban:

Pak Wondo yang terhormat, terima kasih atas pertanyaannya,
Jerawat merupakan penyakit peradangan kronik kelenjar minyak di bawah folikel rambut, dapat berupa komedo (minyak/sebum yang kental dan padat, yang sebagian terlihat di permukaan kulit berwarna hitam), papul (penonjolan di atas permukaan kulit dengan batas jelas, berisikan benda padat, berdiameter kurang dari 0,5 cm), pustul (gelembung berisi nanah), nodus (massa padat berbatas tegas, terletak di bawah kulit, dapat menonjol), dan kista (ruangan berdinding dan berisi cairan, biasanya nanah dan darah)

Penyebab jerawat belum diketahui dengan pasti, namun beberapa faktor sering dianggap penyebab seperti faktor genetik, ras, musim/cuaca, makanan, psikis, hormonal, infeksi, dan keaktifan kelenjar minyak itu sendiri.

Biasanya jerawat muncul di muka, bahu, leher, dada, punggung bagian atas, dan lengan bagian atas, dan dapat disertai rasa gatal.

Keluhan Pak Wondo, yang menyatakan bahwa jerawat tersebut sakit dan susah dikeluarin, mungkin berkaitan dengan bentuk jerawat yang berupa nodus, karena letaknya yang paling dalam dibanding dengan bentuk yang lain.

Pengobatan jerawat dapat berupa obat-obat topikal (yang dioleskan) maupun obat yang diminum, tergantung berat-ringannya jerawat tersebut. Pengobatan lain dapat berupa tindakan mengeluarkan sebum dengan ekstrator, bedah listrik, bedah beku, dan suntikan pada jerawat tersebut. Selain itu, perawatan kebersihan dan diet (terutama mengurangi makanan yang berlemak ) tentu merupakan hal yang dapat dianjurkan.

Berbicara mengenai kanker kulit, Pak Wondo bisa curiga ke arah tersebut bila kelainan di kulit itu berasa gatal/nyeri, terlihat adanya perubahan warna (gelap, pucat, dan terang), ukurannya makin membesar, pelebarannya tidak merata, permukaannya tidak rata, mudah terluka dan sukar sembuh.

Untuk pastinya, sebaiknya memang Pak Wondo mencari pertolongan ke dokter, karena ada beberapa penyakit yang mirip jerawat (dermatitis akneiformis), yang hanya dapat dipastikan dengan pemeriksaan fisik secara teliti.

Mengenai masalah non-medis Pak Wondo, bahwa Pak Wondo mengalami kesulitan dengan masalah keuangan, dapat saya informasikan saat ini telah ada program GAKIN bagi keluarga yang tidak mampu, sehingga mereka dapat menerima pengobatan tanpa dipungut biaya. Tentu, untuk ini Pak Wondo harus melengkapi administrasi dengan menyertakan surat keterangan tidak mampu. Untuk keterangan lebih lanjut Bapak dapat menghubuni Puskesmas terdekat.

Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat

Â

(Dr. Edi Patmini)

No comments: