Pages

Wednesday, March 9, 2011

Nyeri pada Tulang

Saya sering mengalami nyeri pada tulang saya. Gejala terjadinya tidak teratur kadang malam, siang, atau pagi. Pada saat itu rasanya seperti gak bisa jalan. Dulu saya pernah berobat bekam, katanya hanya masuk angin pada tulang. benarkah itu? ataukah saya menderita flu tulang atau rematik? lalu apa solusinya?

- Opa Chan -

Jawaban :

Nyeri pada tulang perlu dibedakan dengan nyeri pada sendi, nyeri sendi atau rematik dapat terjadi karena proses penuaan atau osteoarthritis, penimbunan asam urat atau gout arthritis, dan autoimun atau rheumatoid arthritis. Nyeri pada tulang sendiri bisa timbul akibat infeksi tulang atau osteomyelitis, nyeri Karena udara yang terlalu dingin, nyeri karena trauma/terantuk, proses keganasan/kanker, atau gangguan metabolisme vitamin D, kalsium, dan hormone parathyroid, sebaiknya saudara memeriksakan lebih rinci ke dokter.

Demikian penjelasan ini saya berikan, Semoga anda dapat memahaminya.Â

WassalamÂ

-Dr. Hadiki Habib -Â

10 comments:

Unknown said...

selamat siang Dok,

saya mau tanya... awal januari thn 2012 saya pernah jatuh dari tangga sampai bawah.
awalnya saya ga bisa melihat gelap... saya pikir mungkin buta. tapi alhamdulillah ternyata tidak.
saya hanya memar sedikit di kepala samping.
dan bbrp minggu terakhir saya merasakan pinggang saya bawah saya (pinggul) kiri sakit, linu sampai ga nahan. dan saya tiduran. bsk nya sudah ga sakit. selang bbrp minggu sakit nya datang lagi. sampai kedua kaki itu rasa nya linu ga bisa membungkuk...sampai skr pun sakit nyeri nya ada tp sedikit sekali dok. pas saya raba ada benjolan sedikit di pinggul saya sebelah kiri.
nah yg mau saya tanyakan, apa itu akibat saya jatuh dari tangga ? dan apa yg harus saya lakukan. terima kasih sebelum nya dok.

Anonymous said...

Siang dok,
Usia sy 40thn, 2 buln yg lalu sy jatuh dari motor lengan bahu sya kena , waktu ltu sy dibawa ke pengobatan alternatif, sudah 2 bulan pemulihan ada secara bertahap tapi belum total , 4 hari yg lalu untuk memastikan sy lakukan rongsen hasil diagnosa dr.radilogi: diskontinuitas daerah caput dan collumna humeri sinistra,kesegarisan cukup ,dan belum ada kallus , kesan: fraktura prokximal left humeri .
1.mohon penjelasannya dok hasil dari diagnosa dr,radiologi ??
2.apakah masih bisa sama tindakan obat dok ??
3.apakah masih ada kemungkinan normal kembali??
Demikin permasalahan nya, semoga amal dan kebaikan dokter ada yg balas.

Trms
Dymas

Anonymous said...

Sebuah humerus fraktur proksimal adalah cedera umum untuk bahu. Terutama umum pada orang tua karena osteoporosis, patah tulang humerus proksimal adalah salah satu yang paling umum patah tulang di bahu. Bahkan, pada pasien yang lebih tua dari 65, patah tulang humerus proksimal adalah patah tulang yang paling umum ketiga (setelah patah tulang pinggul dan patah tulang pergelangan tangan).

Sebuah humerus fraktur proksimal terjadi ketika bola, bola-dan-socket sendi bahu, rusak. Fraktur tersebut benar-benar di bagian atas tulang lengan (humerus). Sebagian besar patah tulang humerus proksimal non-pengungsi (tidak keluar dari posisi), tapi sekitar 15-20% dari patah tulang ini mengungsi, dan ini mungkin memerlukan perawatan yang lebih invasif.
Masalah yang paling signifikan dengan patah tulang humerus proksimal adalah pengobatan yang sangat terbatas, dan hasil sering tidak maksimal. Banyak pasien yang menderita cedera ini tidak mendapatkan kembali kekuatan penuh atau mobilitas bahu, bahkan dengan perawatan yang tepat.

Anonymous said...

Selamat malam dokter..
Saya mau konsultasi mengenai tulang ulna (tulang hasta) sebelah kanan yang lepas, hingga 2 bulan ini belum kembali ke posisi sempurna, melainkan baru 60% mencapai sempurna.
Yang ingin saya tanyakan apakah bisa di kmbalikan hingga 100% sempurna dokter?

Unknown said...

Nama saya stevanus, pria berumur 39 thn,pinggang saya sering kambuh sampai menjalar ke kaki. Kalau banyak nunduk besoknya sakit dan juga mengangkat barang berat juga sama.
Saya mencoba memeriksakan MRI dan hasil MRI sebagai berikut :
L1-2 : normal, L2-3 : normal, L3-4 : small left foraminal protrusion disc with anular tear & mild left foraminal stenosis, L4-5 : dessicated disc, L5-S1 : central protrusion disc with anterior thecal sac indentation conus medularis ends at L1 level, no abnormality bilateral sacroiliac joint are normal
impression :
L3-4 : small left foraminal protrusion disc with anular tear & mild left foraminal stenosis
L5-S1 : central protrusion disc with anterior thecal sac indentation
saya sakit apa?seberapa parah? dan penangananya gimana?Apa dampak nya kalau tdk diobatin? terjadi seperti ini dikarenakan apa?
mohon jawaban nya ya dok. terima kasih

Birowsky said...

Obat paling manjur utk triger finger apa ya dok, saya baru kena , 2 hari ini, saya main gitar , takut ga bisa lagi, mohon petunjuknya , trims

Birowsky said...

Obat paling manjur utk triger finger apa ya dok, saya baru kena , 2 hari ini, saya main gitar , takut ga bisa lagi, mohon petunjuknya , trims

Birowsky said...

Obat paling manjur utk triger finger apa ya dok, saya baru kena , 2 hari ini, saya main gitar , takut ga bisa lagi, mohon petunjuknya , trims

Unknown said...

Dok saya mau nanya waktu saya sholat waktu rukuk tiba2 lutut langsung nyeri tidak tau apa karena terlalu keras waktu rukuknya atau hal lain.. dengkul terasa nyeri dan kaku dok tidak bisa ditekuk atau diluruskan.. kira2 knapa ya dok terimakasih...

Unknown said...

Dok saya mau nanya waktu saya sholat waktu rukuk tiba2 lutut langsung nyeri tidak tau apa karena terlalu keras waktu rukuknya atau hal lain.. dengkul terasa nyeri dan kaku dok tidak bisa ditekuk atau diluruskan.. kira2 knapa ya dok terimakasih...