Pages

Saturday, July 7, 2012

Pusing dan Rambut Rontok Hebat

Dok, saya sudah 1 minggu ini mengalami pusing dan seminggu kemudian saya mengalami kerontokan rambut kepala yang sangat parah. Dan saya punya sejarah pernah terkena tumor payudara 5 tahun yang lalu. Tapi setelah operasi saya sudah sehat lagi dan sekarang saya takut kalau ini ada hubungannya dengan sejarah penyakit saya. Terimakasih.

Dina (Perempuan Lajang, 25 Tahun), gadisprimaXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 159 Cm dan Berat Badan 49 Kg

Jawaban

Dari apa yang sdri Dina alami, kami akan menggarisbawahi tentang kerontokan rambut kepala yang menurut Anda sangat parah.

Salah satu penyebab rambut rontok adalah kemoterapi atau penggunaan obat tertentu, seperti: colchicine yang digunakan pada penderita gout, carbimazole yang diperuntukkan penderita hipertiroidisme, warfarin, heparin, dsb.

Untuk mengetahui rambut rontok, maka dokter akan melakukan pull test. Caranya: penderita berkeramas setidaknya sehari sebelumnya. Sekitar 60 helai rambut akan terambil di antara ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah.

Hasil positif adalah terdapatnya lebih dari 6 rambut dan ini mengindikasikan proses shedding akut pada rambut. Rambut ini kemudian diperiksa di bawah kaca pembesar untuk mengamati karakteristik morfologis, panjangnya, diameter, warnanya, shaft, dan apakah rambut ini mudah patah/rontok, apakah sepenuhnya panjang, atau mudah patah.

Evaluasi oleh dermatologis, endokrinologis, atau internis akan lebih memastikan tipe manakah kerontokan rambut yang Anda alami. Berdasarkan berbagai literatur, kami belum menemukan hubungan signifikan antara rambut rontok, pusing, dan terjadinya tumor payudara.

dr. Dito Anurogo

2 comments:

Unknown said...

dok, saya mau tnya rambut saya sering rontok akan ttpi sya tdk mmliki pnyakit apapun, dn saya kebingungan untuk mncri solusi agar rmbut saya tdk lgi rontok. Dlu sya tdk sprti ini. Apa ngkn rmbut rontok itu karena trjdi kita sedang mngalami bnyk fkirn atau beban dok ? trs apa mngkin jka ganti2 merek shampoo juga dpt terpengaruh ? trima ksih dok, mohon bntuannya ya :)

Debby RS(wanita lajang 17thn)
tinggi 149 cm berat 47 kg

Unknown said...

Dok...sya saed( lelaki lajang 24 tahun)
Tinggi 162 cm barat 52 kg

Sy mengalami krontokan rambut di bagian depan..
Dari 4 bulan lalu

Awalnya sya kira hanya krontokan biasa tpi lama kelamaan menjadi parah hinggah kulit kepala saya terlihan dan rambut saya mualai nipis..

dari keturunan...gak da yang botak..
Umur saya 24 tahun apakah rambut saya masih bisa tumbu kembali...

mohon solusinya...