Friday, July 6, 2012

Bagaimana Mengatasi Rasa Gatal di Area Kelamin?

Dok, ada beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kesehatan kulit kelamin yang saya alami:

1. Apa faktor dominan yang menyebabkan kulit kelamin kita itu terasa gatal yang amat sangat dokter? Wilayahnya dari bawah sampai atas kulit kelamin yang kalau digaruk akan berwarna putih dan mengkerut atau kasar seperti kulit salak?

Pengobatan dengan salep kulit juga masih belum bisa mengatasi rasa gatal-gatal ini dokter. Ini sudah terjadi 2 tahunan dan sampai sekarang masih terasa tetapi kadang kulit kelamin tersebut tidak terasa gatal.

2. Apa obatnya karena saya ingin kesembuhan pada kulit kelamin ini, dikarenakan hal ini sangat menggangu aktivitas kerja saya?
Terimakasih.

AM (Pria Lajang, 28 Tahun), fransz_maXXXX@yahoo.co.id
Tinggi Badan 169 Cm dan Berat Badan 94 Kg

Jawaban

Penyebab gatal pada alat kelamin bermacam-macam. Yang paling sering tentu saja infeksi jamur. Infeksi jamur umumnya dicetuskan oleh keadaan lembab, misalnya akibat sering berkeringat ataupun pada obesitas (kegemukan).

Selain itu infeksi jamur juga meningkat pada penyakit tertentu misalnya pada kencing manis (diabetes melitus). Pada orang yang sering mengonsumsi antibiotika ataupun kortikosteroid, angka kejadian infeksi jamur juga lebih tinggi.

Yang juga penyebab sering gatal kelamin adalah eksim atau disebut juga dermatitis. Eksim umumnya dipicu oleh stres. Pada situasi ini, biasanya gatal lebih nyata saat Anda sedang tak beraktivitas. Saat stres berkurang, penyakit biasanya akan mereda juga.

Eksim juga lebih sering kambuh bila kulit terlalu kering sehingga mudah teriritasi. Pada orang yang gemar membersihkan kulit kelamin secara berlebihan, maka kulit kelamin akan menjadi sangat kering, berkeriput dan bersisik. Semua hal ini juga dapat memicu munculnya gatal.

Pengobatan yang tepat tentu saja harus dimulai dengan diagnosis penyakit secara tepat. Bila Anda sudah mencoba mengobati sendiri kelainan yang diderita tanpa hasil yang memuaskan, sebaiknya Anda datang berobat ke dokter kulit dan kelamin setempat agar dapat dievaluasi secara komprehensif.

dr. Susie Rendra, SpKK

2 comments:

Sri Suyatini said...

Selamat sore
Saya mau tanya akhir" ini saya sering merasakan gatal" pda payudara saya yg sebelah kanan iyu knapa ya ? Boleh di jelasakan ? Saya takut sekali

Anonymous said...

Saat gatal di kulit rasanya pasti gemas untuk menggaruk, Tapi, menggaruk kulit yang gatal, di manapun areanya, sebenarnya kurang direkomendasikan. Apalagi kalau gatal di daerah bukit kembar alias si boobs.

Kenapa ya payudara kita bisa gatal? Ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya, Ladies. Seperti di bawah ini.

Gatal iritasi yang bisa disebabkan pakaian dalam. Misalnya bra berenda, bra pengap atau bekas bra yang mengecap di tubuh akibat terlalu ketat dan menyebabkan gatal.

Gatal iritasi karena keringat dan kelembaban lainnya. Misalnya biang keringat atau lotion yang lengket, penggunaan wewangian dan zat lembab lain yang tidak cocok bagi kulit. Bisa juga karena kuman dan infeksi.

Gatal karena kulit kering. Biasanya terjadi di area puncak si kembar dan sekitarnya, bisa jadi karena kulit kering akibat penggunaan bedak anti gatal atau faktor cuaca.

Untuk mengatasi payudara gatal tersebut, maka anda dapat melakukan tips-tips di bawah ini :

Jika anda merasa pakaian dalam anda terlalu ketat atau terlalu longgar maka gantilah bra atau pakaian dalam anda dengan ukuran yang lebih pas.

Jangan memakai bra dengan bahan yang kasar karena itu akan menyebabkan iritasi pada putting payudara ketika bergesekan sehingga anda akan merasakan payudara gatal.

Tips mengatasi payudara gatal yang berikutnya yaitu anda harus selalu menjaga kebersihan pakaian dalam anda dan jangan memakai pakaian dalam yang terlalu basah, ini juga berlaku untuk pakaian luar anda.

Selain tips mengatasi payudara gatal di atas, maka anda juga dapat menggunakan pelembab kulit tanpa pengharum yang dapat mendinginkan kulit payudara anda.

Anda juga dapat menggunakan krim dengan bahan dasar hydrocortisone yaitu bahan yang mampu menahan adanya reaksi radang pada kulit yang tidak disebabkan oleh infeksi, gunakan pelembab tersebut satu hari 2x atau sesuai petunjuk pemakaian dan atau sesuai petunjuk dokter.

Anda jangan menggaruk payudara anda karena bisa menyebabkan iritasi pada putting payudara anda.

Jika anda masih merasa payudara gatal setelah melakukan tips di atas, maka sebaiknya anda segera menghubungi dan konsultasikan dengan dokter. Siapa tahu anda merasakan payudara gatal tersebut dikarenakan oleh tanda-tanda langka dari kanker payudara.