Pages

Monday, July 9, 2012

Apa Efeknya Jika Sering Minum Obat Sakit Kepala?

Dok, saya kadang-kadang sakit kepala dan rasanya seperti ditusuk jarum. Tapi saya belum pernah periksakan ke dokter mengenai sakit saya, cuma diredakan dengan bodrex saja. Apakah mengonsumsi itu terlalu sering berbahaya? Efeknya apa dan sebaiknya saya bagaimana? Karena waktu kecil kepala saya pernah mengalami kecelakaan, pecah kepala kurang lebih 0,3 cm lebar lubangnya.

Aryck (Pria Lajang, 24 Tahun), armanXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 165 Cm dan Berat Badan 55 Kg

Jawaban

Terimakasih atas kepercayaannya kepada kami.

Dari keluhan singkat Mas Aryck yaitu kadang-kadang sakit kepala dan rasanya seperti ditusuk jarum dan cuma diredakan dengan bodrex, maka kami hanya bisa menduga beberapa kemungkinan diagnosisnya, antara lain:
1. Sefalgia
2. Neuralgia Kranial
3. Nyeri kepala akibat penggunaan obat yang berlebih (misal: analgesik)
4. Nyeri kepala klaster
5. Nyeri kepala servikogenik
6. Tension-type headache
7. Migren
8. Thunderclap headache

Bodrex mengandung parasetamol (350 mg), propifenazon (150 mg), dan kafein (50 mg) biasa digunakan untuk meredakan sakit kepala dan migraine. Konsumsi dalam waktu yang lama dan dosis besar dapat mengganggu dan merusak (fungsi, dan kerja) ginjal.

Untuk memastikan diagnosis, sebaiknya mas Aryck segera ke dokter atau neurolog (dokter saraf) terdekat untuk pemeriksaan labih lanjut, terlebih mas memiliki riwayat trauma kepala (kecelakaan).

Demikian penjelasan singkat kami, semoga bermanfaat. Salam sehat dan sukses selalu!

dr. Dito Anurogo

No comments: