Pages

Saturday, March 5, 2011

Gigi keropos dan bengkak

Pertanyaan:

Salam hangat ya Dok. Begini Dok saya mau bertanya gigi saya kan sudah keropos dan ditengahnya timbul bengkak dan gigi saya pun terasa sakit. kenapa bisa seperti itu dok dan apa obatnya?

- Fajar -

Jawaban :

Halo Fajar, Salam hangat juga dari Saya. Giginya keropos sudah lama ya? sebaiknya dulu langsung dilakukan penambalan sehingga tidak terjadi pengeroposan gigi. Di tengah-tengah gigi timbul bengkak karna gigi-nya berlubang sudah lama sehingga ada gusi yang mengisi ruang kosong di tengah gigi. Rasanya memang sakit bahkan sering berdarah jika terkena makanan atau sikat gigi. Obatnya? tentu saja segera pergi ke dokter gigi. Karena harus dilakukan pengecekan anatomis gigi Bapak fahar. Jika bentuk anatomis gigi tersebut masih baik maka gigi tersebut dapat dipertahankan dengan cara dibuang dulu. Daging yang bengkak itu lalu dirawat ruang syaraf yang ada didalam gigi dan diisi dengan obat, baru diatasnya ditambal seperti biasa. Hal ini memerlukan beberapa kali kunjungan, tidak bisa sekali kunjungan. Tetapi jika bentuk Anatomisnya sudah tidak bagus maka mau tidak mau saya menyarankan gigi tersebut untuk dicabut karna dapat menimbulkan infeksi di kemudian hari. Namun hal ini juga tidak menyelesaikan masalah karna berarti ada ruangan kosong diantara gigi fajar. hal ini dapat mengganggu pengunyahan, secara estetik juga kurang baik dan diantara gigi-gigi akan terjadi pergeseran. Gigi yang hilang itu harus diganti dengan gigi palsu supaya secara estetik tidak kelihatan ompong. Dan pada saat mengkonsumsi makanan Bapak Fajar dapat mengunyah dengan baik serta gigi tetangganya tidak bergeser. kecuali jika ggi yang bermasalah berada di paling belakang.

Untuk lebih jelasnya, sebaiknya konsultasikan ke dokter gigi terdekat dari tempat anda. Demikian Penjelasan dari saya, semoga bermanfaat bagi anda.

Hormat Saya

- Drg. Elisabeth L.Sarri -

No comments: