Pages

Saturday, March 5, 2011

warna kulit muka yang tidak merata

Dok, warna kulit di sekitar wajah saya tidak merata, terutama di bagian pipi.kemudian terdapat noda putih (seperti panu) tetapi tidak terasa gatal. Yang ingin saya tanyakan, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Karena membuat saya sangat tidak percaya diri.Terimakasih...

- Ima-

Jawaban :

Warna kulit tidak merata di wajah dalam bahasa medisnya disebut pitiriasis alba. Penyebabnya adalah terlalu sering terpapar sinar matahari dalam jangka lama sehingga kulit wajah menjadi kering. Hal ini menyebabkan tumbuhnya jamur yang membuat warna wajah tidak merata.

Saran saya, selalu gunakan sunblock minimal SPF 30 setiap kali akan keluar rumah. Apabila di lapangan, gunakan penutup kepala seperti topi, payung dan lain-lain agar kulit wajah tidak langsung terpapar matahari. Kemudian jangan menggunakan alas bedak di siang hari karena dapat menutup pori-pori. Setelah pengolesan sunblock pakailah bedak tabur (loose powder), jangan bedak padat (compact powder)

Malam hari bersihkan muka sebelum tidur dan lakukan secara rutin. Berilah pelembab muka. Bila ada kesempatan, 1-2 minggu sekali pakailah masker alpukat untuk mengembalikan kelembaban kulit.

demikian saran dari saya, semoga bermanfaat.

Terima kasihÂ

- Dr. Fatimah Pitaloka-

4 comments:

adena said...

siang dok,

saya corri, warna kulit luar di bagian hidung saya merah, kata ibu saya mungkin karena sering saya pegang jadinya merah, yang saya ingin tanya hidung saya ini alergi atau kenapa, mohon solusinya. terima kasih.

Anonymous said...

Selamat pagi dok,
Saya risna umur saya 18 tahun, dok warna kulit muka saya tidak merata seperti ada putih putih di pipi dan sudah lama sekali tidak hilang hilang (seperti yang sudah ada yang menayakan). kira kira tabirsurya yang bagus itu dari produk apa ya dok ? Dan bedak apa ya yang bagus dok ? Kira kira jamur ini bisa hilang tidak dok ? Karena membuat saya tidak percaya diri
Terimakasih sebelum nya, mohon jawabannya

Anonymous said...

malam dok....

saya wulan umur 15 th, dari kecil saya suka coba" pakai make up ibu', dan sekarang wajah saya berminyak sekali dan berkomedo terutama hidung,,,,sebenarnya apa yang terjadi dgn wajah saya ??? dan apa bisa di obati ?? tolong solusinya ,,,terima kasih

Anonymous said...

Assalamu'alaikum
Saya seorang remaja 17th. Saya pernah memiliki riwayat penyakit mata alergi, yang menyebabkan saya harus mengonsumsi beberapa obat tetes mata dalam jangka waktu 2th. Saya juga memiliki kebiasaan tidur larut malam, diatas jam 10.
Apakah semua hal tadi berkaitan dengan kerutan-kerutan dibawah mata saya? Apakah ada cara alami untuk menghilangkannya?
Mohon jawabannya. Terima kasih