Pages

Friday, June 1, 2012

Pemuda yang Merasa 21 Tahun Hidupnya Hampa

Dok gimana caranya saya lebih kuat jalani hidup dan percaya diri? Hidup ini seperti keras buat saya karena banyak masalah yang perlu diselesaikan. Dari kecil saya tidak pernah bahagia dan nggak sadar sekarang sudah umur 21, kemarin saya kemana saja nggak tahu. Sepertinya kompleks banget masalah saya, saya pengen disayang dan ingin bahagia dalam hidup biar dada saya ini tidak sesak. Tolong solusinya ya dok, terimakasih.

Aditya (Pria Lajang, 21 Tahun), roedyXXXXXX@ymail.com
Tinggi Badan 168 Cm dan Berat Badan 50 Kg

Jawaban

Dear Aditya,
Kalau Aditya tidak disayang, mana mungkin bisa hidup sampai sekarang? Waktu lahir, apakah kita bisa makan sendiri, menjaga diri kita sendiri? Kalau tidak ada yang menyayangi kita, pasti kita tidak akan bisa bertahan hidup.

Apakah Aditya tidak pernah tertawa? Tidak pernah diajak bermain, makan enak, jalan-jalan?

Mungkin kita tidak bisa setiap saat merasa bahagia. Ada hari-hari kita merasa kelabu. Tetapi ada saatnya dimana kita merasa senang, mungkin sehari kita cuma merasa senang 1 jam dalam 24 jam. Dalam seminggu, kita merasa bahagia 2 hari, selebihnya kita merasa hampa.

Tapi itu bukan berarti kita tidak pernah merasa bahagia, bukan? Kalau ada masalah, cobalah untuk menyelesaikannya. Kalau ternyata tetap tidak bisa selesai, artinya kita harus bisa menerimanya dengan ikhlas, dengan bahagia.


Dr. Elly Ingkiriwang, SpKJ

No comments: