Pages

Friday, June 1, 2012

Selalu Merasa Ketakutan Saat di Luar Rumah

Dok, saya seorang ibu yang mempunyai satu orang anak usia 1 tahun. Saya menikah sudah 2 tahun dan bekerja sebagai karyawan honorer. Yang saya mau tanyakan mengapa saya suka mengalami ketakutan saat berada di luar rumah seperti perasaan tidak enak, sedih, jantung berdebar dan ingin menangis sendiri. Dan terkadang saat saya bertugas di luar kantor pada saat berada di kendaraan saya mengalami ngantuk yang sangat berat. Tolong beri saya jawabannya. Terimakasih.

Wati (Perempuan Menikah, 26 Tahun), kris_toresseXXXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 155 Cm dan Berat Badan 47 Kg

Jawaban

Ibu mengalami gangguan tersebut hanya di luar rumah? Apakah hal ini baru terjadi setelah ibu mempunyai anak?

Seringkali ibu-ibu yang bekerja mempunyai perasaan bersalah karena harus meninggalkan anaknya. Mungkin juga ibu mengalami tekanan di tempat kerja, sehingga ibu merasa tidak enak kalau meninggalkan rumah dan kurang bersemangat kalau kerja.

Atau bisa juga ibu mendapat tekanan dari keluarga? Perasaan kurang bersemangat ini yang akhirnya timbul dalam bentuk ngantuk yang sangat berat atau ibu memang terlalu banyak kerja fisik, sehingga tubuh ibu perlu istirahat.

Yang dapat ibu lakukan adalah mengerti dulu sumber masalah yang mungkin dihadapi ibu sendiri. Jika sudah ketahuan sumber masalahnya tentu saja akan lebih mudah mencari jalan keluarnya dengan berkonsultasi pada ahlinya.

Dr. Elly Ingkiriwang, SpKJ

No comments: