Pages

Friday, June 1, 2012

Suami Ragu Anak Keduanya Darah Daging Sendiri

Dok, saya sudah menikah selama 11 tahun dan punya 2 anak. Masalahnya saya tidak bisa memastikan kalau anak ke-2 benar-benar hasil pembuahan dari saya. Yang saya ragukan istri saya selingkuh sebelum hamil. Bagaimana cara memastikannya dok, dan berapa biayanya? Terimakasih dok.

Stenly (Pria Menikah, 32 Tahun), stenlXXXXXXXX@rocketmail.com
Tinggi 161 Cm dan Berat Badan 65 Kg

Jawaban

Saya memahami dan menjawab pertanyaan Anda dengan pengertian bahwa Anda ingin tahu apakah anak kedua merupakan anak Anda secara biologis, bukannya bahwa Anda ingin tahu apakah istri Anda selingkuh atau tidak.

Saya pernah menjawab pertanyaan serupa ini. Silahkan dicermati di 'Apa saja yang diperlukan untuk tes DNA?' dan 'Tes DNA untuk menentukan hubungan saudara'.

Tes untuk keperluan yang anda sebutkan disebut dengan 'Paternity Test' atau Tes hubungan paternal (bapak). Satu hal yang ingin saya tekankan. Tidak ada satupun tes semacam ini yang dapat memberi jaminan kebenaran absolut 100%.

Jika dijumpai salah satu saja marker yang dites mengalami ketidaksesuaian, maka hampir dapat dipastikan (secara saintifik) bahwa tidak ada hubungan biologis bapak-anak.

Namun, jika ternyata semua marker itu bersesuaian, masih ada celah yang sangat kecil sekitar 0,01% atau kurang, bahwa marker dalam posisi genomik lain mungkin memberi informasi berbeda. Celah ini secara saintifik dapat dibaikan.

Biayanya tentunya bergantung pada tempat pelayanan dimana tes tersebut dilakukan dan berapa banyak marker yang ingin dites. Namun secara kasar biayanya berkisar pada bilangan jutaan rupiah.

dr. Teguh Haryo Sasongko, PhD

No comments: