Pages

Monday, December 13, 2010

Nyeri Tak Hilang Setelah Operasi Caesar

Dok, saya telah menjalani operasi sectio cecarea. Apa yang harus dilakukan setelah operasi itu? Kenapa sekitar jahitan terasa sakit? Badan saya juga panas. Terimakasih.

Lala (Perempuan Menikah, 26 Tahun), mrofXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 160 Cm dan Berat Badan 50 Kg

Jawaban

Mungkin perlu di perjelas lagi, operasi section cesarean (SC) yang dilakukan berapa hari yang lalu? Dan apakah ada penyulit selama atau segera setelah operasi? Serta teknik anestesi apa yang dilakukan saat operasi?

Karena hal ini tentunya berhubungan dengan kejadian yang dikeluhkan. Nyeri yang dilakukan segera setelah operasi tidak terlalu membahayakan, terutama apabila nyeri yang terjadi tidak berlebih sehingga masih bisa melakukan aktivitas. Adanya penyulit selama operasi juga dapat mempengaruhi kondisi nyeri post operasi. Sedangkan dalam hal teknik anestesi mempengaruhi mobilisasi post operasi, yang berarti mempengaruhi kapan kiranya pasien diperbolehkan untuk melakukan aktivitas kembali.

Dalam hal kejadian panas, proses perbaikan luka (akibat operasi) memaksa tubuh untuk melakukan metabolisme yang lebih banyak, sehingga menimbulkan kejadian panas. Tetapi hal ini tidak berlangsung lama. Apabila nyeri dan panas terjadi berhari-hari setelah operasi bahkan disertai tanda kemerahan atau bahkan adanya cairan keputihan (nanah), sangat disarankan untuk menemui dokter spesialis kandungan (obstetri dan ginekologi) untuk memeriksakan diri kembali.

dr. M. Helmi, Sp.An., MSc.

No comments: