Pages

Saturday, January 29, 2011

Herbal

Salam dokter!
Saya seorang laki-laki 25 th tinggi 165cm berat 55 kg. Dua tahun yang lalu berat saya masih 48 kg. Untuk menambah berat bada saya minum "maaf saya sebut merek" Ginseng Kianpi Pil, obat China. Sejak meminum obat itu berat saya bertambah hingga sekarang ini. Dan saya terus meminum obat itu sampai sekarang. Pertanyaannya apakah ada efek samping kalo saya terus meminum obat itu? Soalnya kalok minum obat itu stamina saya bertambah. Dan terlihat sekali perbedaannya ketika saya tidak meminum obat itu.
Terima kasih.

-yasuma-

Jawaban:

Mas Yasuma, obat-obatan yang murni mengandung herbal sebenarnya tidak menjadi masalah bila dikonsumsi. Tapi akan menjadi masalah bila obat yang diminum Mas Yasuma ada tambahan unsur sintetiknya. Memang dari nama tampak bahwa satu unsur yang terlihat adalah ginseng yang berfungsi memang untuk menambah stamina, sedang yang lainnya harus diselidiki dahulu atau bila memungkinkan dicek dilaboratorium. Karena bila ada unsur sintetiknya maka kemungkinan besar untuk timbul efek samping menjadi lebih besar apalagi dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Efek samping bisa saja timbul di waktu yang akan datang. Saran saya sebelum yakin benar isinya, lebih baik menggunakan herbal murni. Semoga bermanfaat.

(Dr. Henry Hidayatullah)

No comments: