Pages

Saturday, January 29, 2011

Ingin Tinggi Badan Bertambah

Assalamualaikum


Saya XXX seorang mahasiswa (20 tahun) punya berat badan 56 kg & blood type O .Tapi yang bikin saya bermasalah adalah tinggi badan saya "cuma" 154 cm target saya sih bisa lebih tinggi 5 sampe 10 cm lagi, yah kira kira jadi 160-163 cm lah..
Saat ini Mind & Soul saya drop abiz dan saya mengalami depresi berat karena kurang Pe De dalam bergaul.
Mohon solusinya : latihan apa yang perlu saya lakukan untuk program height increasing ini ?
Terus, makanan apa aja yang perlu saya konsumsi sebagai pendukung ?

Mohon dengan sangat saran dan solusinya lewat e-mail ini
Terima kasih atas jawabannya

Wassalam
XXX

Jawaban:


Assalamu ‘alaikum wr wb.


Buat mas XXX yang diberkahi Allah. Terkadang memang sesuatu yang “kurang” pada diri kita bisa amat sangat mengganggu, yang menurut istilah Anda “ngedrop Mind & Soul”. Secara medis memang ada rentangan normal tinggi badan dan berat badan untuk manusia sesuai dengan ras, etnis dan jens kelaminnya. Bagi ras Kaukasian, tinggi badan 154 cm memang sangat rendah, namun untuk ras Mongoloid atau Melanesia seperti kita tinggi seperti itu sebenarnya nggak pendek-pendek amat. Sekedar gambaran, tinggi rata-rata pria Indonesia adalah 160 – 170 cm.

Adalah “self-image” anda sendiri yang membuat anda merasa minder dalam pergaulan. Anda seolah-olah melihat bahwa semua orang memandang anda dari tinggi badan anda. Cobalah untuk menciptakan “brand” bahwa “Saya memang pendek, tetapi saya mampu berbuat sesuatu yang tidak mampu dilakukan oleh orang tinggi”. Orang Jepang tidak jauh berkisar dari 160 cm tingginya tapi mereka dikenal sebagai pekerja keras yang ulet dan ambisius.

Jika ini bisa Anda lakukan, maka langkah selanjutnya hanyalah merupakan pelengkap. Kenapa? Karena jika langkah pertama tidak anda lakukan, maka jika usaha anda untuk meningkatkan tinggi badan tidak berhasil maka anda akan jatuh lebih dalam kepada stress dan ke-tidakpede-an yang semakin menyiksa Anda.

Langkah berikut ini bisa anda coba untuk menambah tinggi anda (beruntung anda masih berumur 20 tahun sehingga masih ada kesempatan bagi tulang dan tubuh anda untuk bertambah tinggi).


Olah raga yang bisa anda coba adalah berenang. Usahakan lakukan dengan teratur seminggu tiga kali dengan waktu yang konstan, misalnya setengah sampai satu jam. Selingi dengan joging pagi hari untuk melatih kekuatan tulang kaki dan punggung. Jangan lupa latihan pemanasan dan pendinginan untuk masing-masing exercise. Yang tidak boleh dilupakan adalah diet (makanan) anda harus cukup mengandung kalsium (contohnya susu, keju atau olahannya) untuk mendukung pertumbuhan tulang.


Hindari juga posisi tubuh yang merugikan seperti duduk membungkuk yang akan membuat tulang belakang cenderung bongkok (lordosis) sehingga tubuh anda kelihatan lebih pendek dari semestinya.

Demikian jawaban konsultasi kami. Semoga bisa membantu anda dari permasalahan yang dihadapi.

Wassalam


(Dr. Arief)

No comments: