Pages

Monday, January 31, 2011

Gangguan seteleh memasang IUD

Saya seorang ibu 27 tahun dengan 1 orang anak umur 9 bln. Setelah melahirkan saya menggunakan KB suntik 3bln yang menyebabkan saya tidak haid. Karena takut gemuk, saya mengganti KB dengan memasang IUD. Sejak pemasangan sampai saat ini bulan ke-4 saya mengalami gangguan pola haid. Haid selama 15 hari,setelah itu 4 hari berikutnya kadang mengeluarkan flek, setelah itu bisa haid lagi. Apakah itu tanda-tanda tidak cocok IUD? Apakah saya harus kontrol ke dokter mengenai kondisi saya ini, atau menunggu sampai 6 bulan karena saya pernah membaca bahwa gangguan pola haid adalah hal yang normal setelah pemasangan IUD. Adakah obat yang dapat menghentikan haid yang berlebihan ini atau obat yang bisa membuat haid saya normal kembali. Terimakasih..

- Yuliani -

Jawaban:

Ibu Yuliani, apa yang pernah ibu baca itu memang benar bahwa dapat terjadi gangguan pola haid pada pengguna IUD dan memang sebaiknya ibu kontrol ke dokter untuk memastikan bahwa IUD masih terpasang dalam kondisi baik. Mudah2an ibu sabar manghadapinya.

Demikian penjelasan dari saya, Semoga ibu dapat memahaminya.Â

Terima Kasih

- Dr. Diana Iswanto-

No comments: