Pages

Monday, January 31, 2011

Alat KB yang Cocok

Saya ibu rumah tangga dengan 3 orang anak. Umur saya 30 tahun. Mulai dari kelahiran anak pertama sampai ketiga, saya belum pernah memakai alat kontrasepsi karena takut efek samping yang ditimbulkan nantinya. Yang ingin saya tanyakan, alat kontrasepsi apa yang cocok buat saya yang baru pertama kali saya memakainya?

- Pipit -

JawabanÂ

Ibu Pipit yang sedang bingung,

Masalah kecocokan alat kontrasepsi biasanya sangat tergantung dari individu yang menggunakannya. Jenis - jenis alat kontrasepsi yang ada dipasaran antara lain kontrasepsi hormonal (Pil, Suntik, Susuk), Spermaticide / mematikan sperma (Tissue vagina), Alat Kontrasepsi dalam rahim (Spiral), Kondom ( kondom pria ataupun wanita). Masing- masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Untuk lebih jelasnya, ibu dapat bertanya kepada bidan/ dokter terdekat dari alamat ibu karena penjelasan dari masing - masing alat kontrasepsi sangatlah panjang.

Demikian jawaban dari saya, semoga anda memahaminya.

Wass,

dr. Ira Riza

No comments: