Pages

Wednesday, February 16, 2011

Gatal pada muka dan bintik putih

Saya berumur 24 th, suka mengalami gatal-gatal pada muka, gatal berwarna merah-merah berbintik-bintik putih dan apabila di tekan bintik-bintk putih itu mengeluarkan air dan terasa gatal sekali dan apabila terkena sinar matahari itu lebih gatal sekali. Dan saya sudah minum obat anti alergi dan tidak ada hasilnya. Mohon saran dan cara mengatasinya?

- Amalia -

Jawaban :

Keluhan gatal dimuka bisa disebabkan karena jerawat dan alergi kulit. Anda kurang menjelaskan lokasi gatal di wajah dan kapan timbulnya gatal secara spesifik. Untuk pemeriksaan yang lebih jelas anda lebih baik berobat ke dokter spesialis kulit terdekat untuk mengetahui penyebab gatal di muka tersebut. Karena bila memang jerawat, maka pengobatan anti alergi tidak ada gunanya. Kalaupun itu karena alergi atau penyakit lainnnya, obat anti alergi untuk mengurangi rasa gatal tidaklah cukup.

Saran saya jangan melakukan pemencetan pada bintik-bintik tersebut karena bisa menimbulkan infeksi dan menimbulkan bekas flek kehitaman pada wajah setelah penyembuhan. Jangan lupa dijaga kebersihan wajah dengan mencuci muka dengan sabun muka dan air hangat setelah pulang kerumah atau minimal 2-3x sehari.

Terima Kasih

-Â Dr. Lia Rahmarini -Â

No comments: