Pages

Tuesday, April 26, 2011

Masuk Angin dan Tak Enak Badan

Assalamualaikum,

Dokter Yth.
Saya ibu rumah tangga, suami saya bekerja sebagai programmer dan tidak banyak melakukan kegiatan dengan fisik di pekerjaannya. Saya perhatikan setiap melakukan aktifitas diluar yang sering menggunakan motor atau bepergian jauh Suami saya sering mengeluh tak enak badan besoknya, perkiraan kami adalah masuk angin. Rata-rata keluhannya adalah suhu badan lebih tinggi dari biasanya (tdk sampai demam), pegal-pegal seluruh badan, kadang-kadang pusing dan bagian dada tidak enak. Suami saya bilang sepertinya dikepalanya banyak ingus juga. Biasanya kalau sudah begitu saya pijit atau kerok dan minum obat flu atau obat masuk angin, tapi biasanya tak langsung sembuh, hal ini bisa menyebabkan suami saya tak enak badan sampai beberapa hari. Selain itu hampir tiap hari badan suami saya pegal-pegal.

Pertanyaan Saya :
1. Apa yang harus dilakukan untuk mengurangi atau menghilangkan pegal-pegal dibadan suami saya, karena hampir tiap hari suami saya pegal-pegal? suplemen yg mengandung vit apa yg bisa diminum untuk membantu mengurangi pegalnya?

2. Apa yang harus dilakukan untuk menambah daya tahan tubuh terhadap rasa tidak enak badan suami saya? (tahan masuk angin)?

3. Apakah benar vitamin B bisa mengurangi pegal-pegal?

4. Apakah daya tahan tubuh seseorang bisa berpengaruh terhadap kesuburan?
karena sampai sekarang setelah hampir 2.5 tahun menikah kami belum dikaruniai keturunan.

Terima Kasih atas jawabannya, Jazakumullah Khiran Katsiran...

Wassalamualaikum.
- Lida-


Jawaban:

Wa'alaikum salam wr.wb.

Ny. Lida yang terhormat, keluhan pegal yang suami Anda alami sering terjadi pada orang dengan pekerjaan yang seperti suami Anda. Pekerjaan yang tidak dinamis akan menyebabkan otot-otot tertentu letih karena dipakai terus-menerus. Hal ini dapat diperberat bila bentuk kursi, meja, peralatan lain yang dipakai serta sikap suami pada saat bekerja tidak benar. Coba tanyakan pada suami seperti apakah kursi dan meja yang digunakan. Kursi dan meja yang ergonomis membuat penggunanya berada dalam posisi yang paling alami sehingga mengurangi kemungkinan terjadi kelelahan otot.

Sedangkan perlu diperjelas pemakaian motor seberapa lama yang biasanya membuat suami Anda mengeluh. Semakin lama semakin besar kemungkinan terjadi kelelahan otot.

Sebaiknya setiap setengah sampai satu jam sekali saat bekerja suami Anda dapat melakukan peregangan selama 5 menit. Tindakan memijat juga dapat membantu melemaskan otot yang sudah terlalu letih.
Daya tahan tubuh seseorang dapat ditingkatkan dengan melaksanakan hidup sehat. Makan makanan yang begizi, berolahraga teratur dan istirahat yang cukup. Sampai saat ini belum ada suplemen yang dibuktikan dapat meningatkan daya tahan tubuh manusia. Namun, menurut beberapa penelitian vitamin dapat membantu mempercepat pergantian sel-sel baru.

Seseorang dengan daya tahan tubuh yang kurang dapat mempengaruhi kemungkinannya memiliki keturunan. Karena pada saat itu produksi sperma dan ovumnya dapat memiliki kualitas yang kurang baik. Namun, ini hanya salah satu dari banyak penyebab ketidaksuburan. Lebih baik Anda dan suami berkonsultasi pada dokter kandungan untuk dapat diperiksa lebih seksama.

Semoga dapat membantu…

Wassalaamu'alaikum.

(Dr. Herlina Septiarti)

1 comment:

apieenduhe said...

Malam Dok, menyambung cerita ibu di atas kebetulan profesi saya sama dengan suami ibu lida,saya pria 28 tahun, saya mengalami sakit pada otot belah ketupat mayor, sakitnya hanya terasa jika saya mengendarai motor ketika malam hari..... ini terjadi sudah 3 hari berturut2, biasanya nyerinya terasa jika cuaca dingin..., menurut dokter apa penyebab nyeri pada punggung saya dan solusi apa yg bisa saya lakukan agar nyeri bisa hilang....mohon solusinya, terima kasih