Pages

Wednesday, April 27, 2011

Hidung Sering Berlendir

Salam sejahtera

Saya remaja umur 25 th, saya sering mengalami keluhaan-keluhan:

1. Hidung mampet karena lendir.
2. Kepala pusing menyeluruh.
3. Dada terasa sakit kalau menarik nafas dalam-dalam.
Ini kenapa ya dok?

Terima kasih atas jawaban dan konsultasi online yang anda berikan.

- Mift Surri -

Jawab:

Kemungkinan anda menderita penyakit Rhinitis alergika, yaitu penyakit alergi pada daerah hidung. Biasanya hidung mampet oleh karena debu, serbuk, hawa dingin dsb. Sembuh seketika bila penyebabnya tersebut hilang. Penyakit alergi tidak bisa disembuhkan tetapi bisa dikendalikan/ dicegah. Cara paling mudah adalah dengan menghindari faktor penyebab. Bila faktor penyebab susah dihindari karena berbagai macam alasan, misalnya pekerjaan, maka anda harus menyimpan obat golongan dekongestan yang siap diminum bila penyakit datang menyerang. Seperti halnya penderita Asma yang dianjurkan selalu menyimpan inhaler/ obat asma semprot.

Kepala pusing biasanya efek dari hidung yang tersumbat tersebut, termasuk juga emosi yang menjadi labil, mudah marah, sehingga mengganggu aktivitas pekerjaan.
Dada terasa sakit juga berhubungan dengan alergi yang menjurus ke arah asma.
Prinsipnya, sebaiknya hindari faktor penyebab.

Terima Kasih

dr. Naf'an Akhun

1 comment:

Anonymous said...

dokter saya mau nanya kenapa ya hidung saya suka mimisan?? paling banyak 7 tetes dech.. hmm saya kadang ngeri sendiri ter, apakah polip?apa sich penyebabnya ter?? saya belum pernah periksa sih ke rumah sakit.. gak ada uang ter takut bayar. eheee... semoga aja nggak berbaya. memang sich saya dr kecil suka mimisan,kata papa saya itu penyakit keturunan,ada yg bilang pengaruh makanan dan cuaca yg kadang terlalu panas dan terlalu dingin. terima kasih dokter.