Pages

Sunday, February 12, 2012

Ingin Sembuh dari Turun Berok

Dok, saya menderita hernia (turun berok) sudah lebih dari 2 tahun. Saya ingin menanyakan masalah penyakit hernia yang sudah masuk kantong kemaluan, bagaimana menyembuhkan atau meringankan penderitaan saya dari penyakit ini.

Beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan:

1. Selama menderita hernia saya sering terdorong untuk buang air besar, tapi saya rasakan atau saya perhatikan kotoran sulit keluar. Pada saat itu saya perhatikan ada cairan kental juga yang keluar bersama kotoran, atau kotoran sedikit yang keluar, tapi cairan kental yang keluar juga ada dan lumayan banyak bersama darah dan kadang-kadang tidak bersama darah tapi kotoran dan cairan kental saja.

2. Pada kondisi seperti ini, apakah saya sudah sangat penting sekali untuk dioperasi? Kalau kambuh buah zakar dan perut sebelah kiri kelihatan membengkak dan sakit sekali. Hal itu terjadi bila saya pergi membotot (memungut barang bekas di jalan raya). Tapi bila di rumah saja atau tidak memulung rasa sakit akibat hernia itu tidak ada, tapi sering-sering ada keinginan untuk buang air besar.

3. Adakah pencegahan atau pengobatan lain untuk sakit saya ini (hernia), misalnya dengan korset?

4. Untuk mengurangi tingginya asam lambung yang menyebabkan pengikisan dinding usus, makanan apa saja yang mengandung nutrisi yang cocok untuk mengobatinya?

Ben (Pria Menikah, 38 Tahun), BenhXXXX@gmail.com
Tinggi Badan 70 Cm dan Berat Badan 68 Kg

Jawaban

Kemungkinan Bapak menderita hernia yang turun sampai kantong kemaluan atau scrotum. Sementara kotoran (feses) yang keluar dapat berasal dari hernia yang telah menghambat saluran usus besar. Jadi yang masuk ke dalam hernia adalah usus besar. Perlu diketahui oleh dokter apakah hernia tersebut hilang timbul atau dapat masuk kembali.

Masuknya usus ke zakar bukan karena hal ini, tetapi oleh adanya defekotot di daerah ini yang menyebabkan usus dapat melaluinya dan masuk zakar.

Jika dilihat dari penjelasan Bapak, sebaiknya dilakukan operasi secepatnya. Untuk penanganan hernia, operasi adalah yang terbaik. Pemakaian supporter seperti korset hanya untuk sementara bagi yang hernianya dapat keluar masuk.

Adapun, semua makanan yang terlalu asam akan meningkatkan asam lambung, dan bagi mereka yang sensitif atau rentan akan memicu terjadinya radang lambung atau gastritis atau sakit maag.

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD

No comments: