Pages

Saturday, February 11, 2012

Perut Jadi Membesar dan Sangat Keras

Dokter, ibu saya seringkali merasakan sakit yang amat sangat ketika secara tiba-tiba perutnya membesar. Kata dokter yang pernah memeriksanya, itu karena beliau mempunyai penyakit kelainan ginjal dan ginjalnya tidak normal. Pada saat serangan itu datang saya memang menyaksikan sendiri kalau area di sekitar perutnya itu membesar dan sangat keras pada saat dipegang.

Sudah diperiksa dan jawaban dokternya hanya seperti itu. Kira-kira ada penyakit lain tidak? Bukan saya tidak yakin dengan prediksi dokter tersebut, tapi saya ragu saja. Selain itu penyebab dari membesarnya area tersebut secara tiba-tiba disebabkan karena apa ya dok? Apakah karena kecapekan atau dari pikiran yang lagi tidak tenang? Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas jawabannya.

Nuya (Perempuan Lajang, 30 Tahun), fadiXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 155 cm dan Berat Badan 45 kg

Jawaban

Gejala yang Ibu kemukakan lebih menunjukan adanya sumbatan di saluran cerna yang hilang timbul. Pada saat ada sumbatan timbul gejala tersebut. Perlu diperiksa lebih lanjut apakah pernah operasi perut, bagaimana buang air besarnya, apakah berat badannya turun. Lelah atau banyak pikiran kemungkinan bisa menjadi penyebabnya. Sebaiknya Ibu konsultasi ke spesialis bedah.

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD

No comments: