Sunday, March 4, 2012

Keluar Darah Setiap BAB

Dok, pada saat BAB, anus saya selalu keluar darah. Ini sudah saya alami 4 tahun dari umur 16 tahun dan sekarang jika berdiri juga keluar darah dan terasa nyeri di sekitar anus. Saat ini saya pakai obat paktus, yang dimasukan ke anus. Mohon solusinya dok. Terimakasih.

Li (Perempuan Lajang, 20 Tahun), nuryaxxxx@yahoo.com
Tinggi Badan 159 Cm dan Berat Badan 42 Kg

Jawaban

Ada beberapa kemungkinan yang menjadi sebab yang Anda kemukakan yaitu wasir (hemoroid/ambeien), polip atau fisura ani. Untuk menentukan penyebabnya perlu pemeriksaan daerah anus yang lengkap, colok dubur(digital examination), dengan anoskop dan bila perlu dengan kolonoskopi.

Wasir adalah ketika bibir anus mengalami pembengkakan dan terkadang disertai pendarahan. Polip adalah benjolan pada bibir anus yang berupa daging tumbuh. Jika terus tumbuh, polip patut dicurigai sebagai gejala tumor atau kanker yang harus diangkat.

Sedangkan Fisura Ani adalah luka atau robekan yang terjadi di sekitar anus dan umumnya mengeluarkan sedikit darah. Pasien dengan fisura ani biasanya juga merasa sakit saat BAB akibat pergerakan usus karena banyak saraf di sekitarnya.

Berdasarkan penemuan pemeriksaan itu baru nantinya diberikan terapi yang sesuai bisa berupa operasi atau pengobatan. Jadi sebaiknya segera lakukan pemeriksaan untuk pengobatan yang tepat.

Berdasarkan keluhan Anda dokter akan membuat beberapa kemungkinan diagnosis (differential diagnosis) antara lain wasir luar yang mengalami perdarahan, polip atau lainnya.

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD

No comments: