Monday, March 5, 2012

Apa Beda Kanker Serviks dan Kanker Rahim?

Dok, apa perbedaan kanker serviks, kanker kandungan dan kanker rahim? Lalu apa gejala awal yang biasa timbul atau yang dirasakan pada penyakit itu? Trimakasih.

Umi Iramahati (Perempuan Menikah, 37 Tahun), uiramahati@yahoo.co.id
Tinggi Badan 155 Cm dan Berat Badan 53 Kg

Jawaban

Kandungan adalah istilah lain untuk rahim. Rahim terdiri dari leher rahim, badan rahim, dan dua saluran telur. Kanker serviks merupakan kanker pada leher rahim, sedangkan kanker kandungan merupakan istilah awam yang dipakai untuk kanker yang timbul pada badan rahim.

Gejala awal kanker kandungan biasanya berupa perdarahan yang berlebihan saat menstruasi ataupun perdarahan di luar masa menstruasi. Sedangkan pada kanker leher rahim tidak terdapat gejala awal.

Bila muncul keputihan yang berbau ataupun perdarahan saat berhubungan, biasanya kanker leher rahim rahim sudah melewati stadium awal. Karena itu dianjurkan untuk menjalani Pap smear secara rutin setiap tahun untuk mendeteksi dini kanker leher rahim bagi wanita yang telah pernah melakukan hubungan suami istri.

DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG

1 comment:

ais said...

Dok, saya telah melakukan pap smear, tapi hasilnya belum saya konsultasikan kepada dokter. Hasil tes tersebut adalah sebagai berikut:
Epitel intermedia, superfisial dengan beberapa epitel parabasal berserbukan dengan sel radang kronik ringan.
Mohon jelaskan maksudnya! Terima kasih