Wednesday, October 15, 2014

Cara Sehat dan Ideal Menaikkan Berat Badan

Halo. Saya mau tanya, september nanti umur saya sudah 21 tahun, namun hingga sekarang berat badan saya sulit bertambah. Padahal porsi makan
saya banyak. Saya mau tanya, apa solusinya agar saya bisa mendapatkan berat badan ideal dan sehat? Pola makan, olahraga dan aktivitas yang bagaimana? Terimakasih jawabannya.

Mahasiswa_21 (Pria lajang, 21 tahun)
petrusrichardXXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 175 cm, berat badan 56 kg

Jawaban

Halo,

Dengan tinggi dan berat badan sekian sekarang BMI kamu adalah 18, dimana bisa dikategorikan underweight. Saat makan patut diperhatikan jenis kalorinya apakah itu dari protein, lemak atau karbohidrat. Jika kamu makan banyak, tapi banyak dari karbohidrat dengan minim sumber protein, tidak akan terserap dan menjadi otot.

Jadi setiap makan usahakan 1/4 dari piring adalah sumber protein bergizi tinggi seperti ikan, telur, daging, ayam ataupun produk kacang kedelai (tahu, tempe). Protein ini adalah sumber daya pembuatan otot yang nantinya akan menbantu proses 'bulking'.Juga sering-sering ngemil cemilan yang tinggi kalori, juga mengandung protein. Misalnya segenggam kacang (hanya 1 genggam/hari), segelas susu, semangkok kecil yoghurt, roti isi dll.

Hal lain selain makanan adalah olahraga dan cukup istirahat. Mungkin di usia sekian kamu sering sibuk banyak aktivitas sehingga kurang istirahat, ini juga bisa mempengaruhi metabolisme tubuh.

Leona Victoria Djajadi MND

No comments: