Sunday, November 23, 2014

Berbahayakah Membersihkan Muka Berjerawat dengan Alkohol?

Dok saya ingin bertanya, bahaya atau tidak ya kalau alkohol digunakan untuk membersihkan muka yang berjerawat? Terimakasih.

Indra Ardiansyah (Pria lajang, 23 tahun)
indraardiansyahXXXXX@yahoo.co.id
Tinggi badan 173 cm, berat badan 68 kg

Jawaban

Salam Indra,

Banyak orang beranggapan membersihkan wajah dengan alkohol dapat mengurangi minyak dan mengatasi jerawat. Membersihkan kulit dengan alkohol sebenarnya dapat merusak pelembab alami kulit, yang menyebabkan pertahanan kulit melemah. Kulit akan menjadi lebih rentan terhadap infeksi dan iritasi, sehingga jerawat dapat bertambah parah/ banyak.

Pada prinsipnya dalam membersihkan kulit berjerawat, pilihlah sabun muka yang dapat membersihkan kotoran, mengangkat sel kulit mati, serta membuka sekaligus mengurangi penyumbatan pada pori. Gunakan sabun yang lembut (non-aberasif) dan tidak mengandung alkohol. Hindari penggunaan sabun yang bersifat terlalu mengeringkan dan mengakibatkan terangkatnya semua minyak alami pada kulit. Biasanya hal ini ditandai dengan kulit menjadi kering, kaku, dan kesat. Pembersihan wajah yang terlalu 'keras' dapat menyebabkan kulit menjadi merah, teriritasi, dan memperparah jerawat.

Sabun cuci muka yang dapat dipilih antara lain yang mengandung salysilic acid dan benzoyl peroxida. Jika sabun yang digunakan mengandung scrub, pastikan butiran scrub yang digunakan cukup halus sehingga tidak akan mencederai kulit. Bersihkan kulit dengan lembut dan seksama, jangan menggosok terlalu kasar, bilas wajah sampai bersih dengan air yang tidak terlalu panas.

dr. Nindita Hapsari Susanti, Sp.KK

7 comments:

Anonymous said...

pagi dok,
saya mw nanya kenpa dok akhir2 ini saya sering mual pa lgi kalau habis makan dan nafsu makannya jadi berkurang.
smua tu kenapa dok?

Anonymous said...

pagi dok,
saya mw nanya kenpa dok akhir2 ini saya sering mual pa lgi kalau habis makan dan nafsu makannya jadi berkurang.
smua tu kenapa dok?

Novia member said...

Nama saya via,
Saya mau tanya,, menurut doter apkah teh basi itu baik untuk membasmi jerawat, saya sudah capek ga mau hilang2 jerawatnya dok,,,
Brikn solusinya dan terimakasih

Novia member said...

Nama saya via,
Saya mau tanya,, menurut doter apkah teh basi itu baik untuk membasmi jerawat, saya sudah capek ga mau hilang2 jerawatnya dok,,,
Brikn solusinya dan terimakasih

Novia member said...

Nama saya via,
Saya mau tanya,, menurut doter apkah teh basi itu baik untuk membasmi jerawat, saya sudah capek ga mau hilang2 jerawatnya dok,,,
Brikn solusinya dan terimakasih

Anonymous said...

Penyebab Munculnya Jerawat
Ada beberapa faktor yang bisa memicu penyebab timbulnya jerawat, diantaranya adalah terjadinya perubahan hormon yang memicu timbulnya overload kelenjar minyak pada kulit. Terjadinya perubahan hormon ini biasanya terjadi ketika pada saat menjelang haid atau menstruasi, stress, pada saat hamil, bisa juga karena mengkonsumsi pil KB. Penyebab jerawat juga bisa dikarenakan sel kulit yang telah mati, bisa karena bakteri, dan juga alergi terhadap kosmetik.

Tipe dan Jenis Jenis Jerawat
Tahukah Anda, jerawat dapat dibagi menjadi 3 jenis tipe

Pertama, Komedo. Pada jenis jerawat ini merupakan suatu keadaan pori kulit yang mengalami sumbatan. Pori pori ini bisa mengalami terbuka atau tertutup. Jika pori pori ini terbuka maka komedo yang terbukan ini akan menghasilkan pori pori yang besar dan hitam, istilahnya komedo terbuka ini disebut blackhead. Jika komedo tertutup maka akan menghasilkan kondisi kulit seperti ada tonjolan putih kecil.

Kedua, Jerawat Biasa. Jerawat ini disebabkan oleh infeksi dari bakteri propionibacterium acne. Asal mula bakteri ini menginfeksi wajah kita bisa saja berasal dari peralatan make up seperti kuas make up atau waslap, handphone, jari telapak tangan.


Ketiga, Jerawat Batu. dalam bahasa ilmiah jerawat batu ini adalah cystic acne. Ciri dari jerawat batu ini adalah bentuk jerawat yang dominan besar besar, juga memperlihatkan peradangan pada jerawat. Penderita jerawat batu biasanya mempunyai kerabat atau keluarga dekat yang memiliki riwayat jerawat batu juga. Nah penyebab dari jerawat batu adalah karena kelenjar minyak pada pori pori yang terlalu banyak. pertumbuhan sel kulit tidak normal karena sel kulit tidak bisa dengan cepat berganti kulit dari kulit mati dengan kulit baru.

Tips Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami
Berikut ini adalah bahan bahan alami yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan jerawat secara alami tanpa efek samping.

Cara Menghilangkan Jerawat Memakai Putih Telur
Tips yang sangat sederhana yaitu dengan cara kita gunakan putih telur kemudian kocok sebentar dan oles secara merata pada wajah kemudian diamkan sekitar 15 menit

Cara Menghilangkan Jerawat Memakai Pasta Gigi
Tips mudah untuk atasi jerawat berikutnya secara alami adalah dengan menggunakan pasta gigi. Harap diperhatikan, gunakan pasta gigi yang berbentuk pasta, jangan yang bentuk gel ya. disarankan menggunakan pasta gigi seperti pepsodent, jangan yang model gel kayak close up. Cara menggunakannya adalah dioleskan pada bagian yang berjerawat ketika menjelang mau tidur.

Cara Menghilangkan Jerawat Memakai Buah Tomat
Tomat merupakan buah yang kaya akan vitamin c. Cara menggunakannya adalah dengan membelah tomat menjadi dua bagian kemudian oleskan secara merata ke seluruh wajah yang berjerawat. diamkan sekitar 15 menitan sampai 1 jam yang kemudian bilas dengan air bersih. Nah untuk sisa irisan tomat tadi yang tidak terpakai digunakan cobalah anda makan untuk pengobatan secara alami dari dalam tubuh.

Cara Menghilangkan Jerawat Memakai daun Lidah Buaya
Cara mudah berikutnya adalah Anda bisa gunakan daun lidah buaya untuk mengatasi jerawat yang membandel pada wajah anda. Caranya adalah dengan mengoleskan daun lidah buaya yang sebelumnya sudah dipotong potong menjadi beberapa bagian di kupas kulit luarnya. Cara ini bisa diulangi tiap pagi dan sore hingga sampai tiga hari, maka hasilnya jerawat anda akan mengering dan terkelupas.

Info Jasa Pembuatan Website said...

Permisih... Sekedar info bagi yang sedang mencari layanan Jasa Pembuatan Website dan SEO Berkualitas. Kunjungi saja : www.permenit.com