Tuesday, October 16, 2012

Kulit Merah dan Mata Nyaris Tertutup Karena Alergi

Saya seorang mahasiswi dan pekerja berusia 24 tahun. Tiga tahun belakang ini saya mengalami alergi terhadap obat. Padahal sebelumnya saya belum pernah mengalami hal ini. Saya juga tidak tahu alergi terhadap jenis obat apa.

Yang jelas, saat terjadi alergi itu mata saya bengkak besar sekali hampir nyaris tertutup mata saya dan kulit merah warnanya. Saya di sarankan untuk cek ke laboratorium. Yang ingin saya tanyakan, RS mana yang menyediakan tes tersebut karena tidak semua RS dapat melakukan tes ini dan apakah alergi saya ini dapat di sembuhkan? Terimakasih.

Ela Nova Hayati, Buchela_100905@yahoo.co.id


Jawaban

Dari mana Anda tahu itu alergi obat. Sebetulnya kita tidak perlu tes laboratorium untuk mengetahui alergi obat. Kalau kita makan obat kemudian timbul keluhan seperti yang disebutkan ya sudah pasti obat tersebut yang mengakibatkan alergi, tidak perlu di tes lagi untuk konfirmasi atau bahkan untuk mencari alergi terhadap apa saja, sebab hal ini tidak mungkin bisa dilakukan.

Pengobatan utama alergi adalah kita menghindari obat tersebut, kan banyak obat lain yang tidak menimbulkan alergi pada dirimu. Alergi bisa coba diobati dengan cara sensitisasi akan tetapi hasilnya sampai saat ini tidak memuaskan.

Dr. Samuel L Simon SpKK

No comments: