Wednesday, April 18, 2012

Setiap akan Flu, kok Pipi Sakit?

Dok, kenapa setiap kali menjelang terserang flu, selalu merasakan sakit di pipi kadang sebelah kiri atau kanan. Terutama waktu buat nunduk atau sujud waktu salat berasa nyeri dan pegal, apakah itu normal dok? Terimakasih.

Arief (Pria Lajang, 32 Tahun), riefmrXX@gmail.com
Tinggi Badan 160 Cm dan Berat Badan 58 Kg

Jawaban

Dari pertanyaan Anda, kami temukan kalimat kunci 'sakit di pipi kiri/kanan' dan 'ketika menunduk atau bersujud saat salat terasa nyeri dan pega'. Hal ini tentunya ada kelainan di hidung atau rongga hidung. Di dalam istilah medis, ada beberapa kemungkinan diagnosis, misalnya rhinosinusitis, sinusitis, rhinitis.

Untuk menegakkan atau memastikan diagnosis, dokter akan menanyakan antara lain tentang riwayat medis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang dan laboratorium.

Beberapa pemeriksaan penunjang yang disarankan dokter adalah endoskopi nasal dan CT scan sinus. Endoskopi nasal untuk melihat bagian dalam hidung dan rongga hidung. CT (computed tomography) scan sinus (rongga hidung) dapat juga dapat dilakukan sesuai indikasi.

Pada kasus tertentu, pemeriksaan laboratorium disarankan dokter untuk penderita yang diduga menderita alergi, daya tahan tubuh menurun (defisiensi imun), fibrosis kistik, gangguan mucociliary (lapisan di rongga hidung).

dr. Dito Anurogo

No comments: