Pages

Tuesday, January 8, 2013

Bolehkah Radang Retina Mata Dibedah Laser?

Dok, saya menderita radang pada mata tepatnya pada pusat retina yang diakibatkan oleh torch. Radang tersebut sudah hampir mengikis habis makula saya. Saat ini saya masih berobat pada dokter spesialis mata.

Beliau menyarankan agar dilakukan bedah laser pada mata saya sebagai alternatif pengobatan ketimbang terus menerus mengkonsumsi obat-obatan. Namun, ketika saya mencari pendapat dari dokter di rumah sakit lain, beliau sangat tidak setuju dengan cara ini.

Menurut dokter, apakah solusi bedah laser ini efektif? Bagaimana dengan efek samping atau akibat laser tersebut pada mata saya? Mohon penjelasan, terimakasih.

Marie (Perempuan Menikah), si_mXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 165 Cm dan Berat Badan 75 Kg

Jawaban

Radang pada pusat retina (makula?) akibat torch (toxoplasma?) akan menyebabkan kerusakan yang permanen dan tidak bisa diatasi dengan bedah laser.

Biasanya penyakit ini bila sembuh akan menyebabkan bekas pada retina yang mengganggu penglihatan.

dr. Siti F.S. Rahmadhani, Sp.M

No comments: