Pages

Saturday, October 26, 2013

Solusi untuk Anak yang Sulit Konsentrasi di Sekolah

Saya mau konsultasi tentang anak saya, tiap hari saya selalu dipanggil oleh guru anak saya, karena anak saya yang berusia 8 tahun sekarang kelas 2 SD di kelas selalu jalan-jalan. Dia juga tidak pernah selesai mengerjakan tugas. Selalu pulang paling terakhir dan suka ramai di kelas.

Kira-kira apa ya yang harus saya lakukan? Saya sudah bawa ke psikiater, katanya kurang konsentrasi dan sudah saya ikuti sarannya tapi tetap saja tak ada perubahan. Tolong solusinya. Terimakasih.

Rhea (Perempuan menikah, 33 tahun)
Quint_XXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 160 cm, berat badan 56 kg

Jawaban

Ibu Rhea yang baik, simptom atau gejala yang Ibu tuliskan memang termasuk beberapa ciri anak yang mengalami gangguan konsentrasi. Namun, untuk mendiagnosa apakah anak Ibu mengalami ADHD atau tidak harus melalui serangkaian pemeriksaan psikologi secara lengkap sehingga dapat dipastikan apa yang menyebakan anak Ibu memunculkan perilaku tersebut. Sayangnya, Ibu tidak menjelaskan sudah berapa lama perilaku tersebut muncul. Jika sudah berlangsung lebih dari 6 bulan, maka Ibu bisa mengunjungi psikolog anak terdekat.

Hal praktis yang bisa dilakukan dirumah adalah melakukan pembiasaan kepada anak untuk melakukan kegiatan terstruktur seperti 'start - do - finish'. Selain itu pembiasaan melakukan kegiatan secara satu per satu (single activity) seperti tidak makan sambil nonton TV, atau belajar sembari makan dll. Hal terakhir adalah Ibu dapat membuat aturan yang jelas terkait kegiatan sehari-hari serta dilakukan secara konsisten, agar terbentuk kemampuan meregulasi diri pada anak.

Selamat mencoba.

Ratih Zulhaqqi, M.Psi

No comments: