Pages

Thursday, February 20, 2014

Betulkah ASI Membuat Kenyang Sehingga Anak Susah Makan?

Saya mau tanya, saya punya anak perempuan umur 2,8 tahun. Anak saya ini malas makan. Saya sudah kasih berbagai macam obat penambah nafsu makan sampai obat tradisional tapi masih saja tidak mood makan. Saya juga sudah kasih minum obat cacing takutnya cacingan tapi nyatanya tidak.

Kata orang kalau anak masih ASI anak itu agak malas makan karena setiap minum ASi sudah kenyang. Apa betul? Apa kekebalan anak saya masih ASI sampai 3 tahun ini suatu saat anak sudah besar akan rentan penyakit, baik penyakit menular maupun tidak? Terimakasih jawabannya.

Yayoek Adhiah (Perempuan menikah, 29 tahun)
yayoek_XXXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 167 cm, Berat badan 67 kg

Jawaban

Dear Ibu Yayoek,

Sebelumnya saya ingin menyampaikan salut karena Ibu masih menyusui anak ibu sampai usia anak ibu sekarang.

Terkait pertanyaan kenapa anak ibu tidak terlihat nafsu makan, ini ada beberapa penyebabnya dan sebaiknya ibu juga pantau tumbuh kembangnya dengan berkonsultasi dengan tenaga kesehatan. Selain itu penting bagi ibu untuk plot kenaikan berat badan anak di grafik pertumbuhan anak untuk memastikan apakah anak Ibu tumbuh sesuai dengan usianya.
Selain itu, Ibu mungkin bisa memberikan variasi makanan keluarga yang beragam dan menarik agar buah hati Ibu lebih tertarik makan. Libatkan ia juga dalam menyiapkan makanan sehingga si kecil ikut tertarik pada suasana makan.

Ibu masih bisa untuk terus menyusuinya karena ASI mengandung banyak zat gizi yang baik untuk masa sekarang dan di masa yang akan datang juga. Jadi menyusui merupakan investasi kesehatan yang baik untuk Ibu dan anak.

Semoga membantu dan menjawab ya Bu. Mohon maaf jika ada salah kata. Salam menyusui!

Nia Umar S.Sos, MKM, IBCLC

No comments: