Friday, February 21, 2014

Banyak Bentol Merah di Kaki yang Gatal dan Panas, Indikasi Apa?

Kaki saya muncul bentol-bentol dalam jumlah yang banyak dalam satu waktu seperti gambar, Dok. Rasa gatalnya seperti digigit serangga, tapi yang saya ingat saya tidak digigit serangga. Sudah 2 hari dan bentol serta rasa gatalnya tidak hilang, malah bentol merahnya bertambah dengan ukuran lebih kecil, kadang disertai rasa panas, tetapi tidak sepanas biduran/kaligata.

Pagi setelah bangun tidur bentolnya terasa sangat gatal, menjelang siang bentolnya sedikit kempes dan tetap berwarna merah. Foto ini diambil pagi hari sesaat setelah saya bangun tidur dan shalat. Selama ini saya tidak pernah alergi makanan, baru kali ini terjadi. Penyakit kulit apa ini Dok, atau hanya alergi?

Noor (Wanita lajang, 25 tahun)
chubby_XXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 158 cm, berat badan 58 kg

Jawaban

Salam Noor,

Dari foto yang dilampirkan terlihat bentol-bentol merah di jari. Keluhan ini disebut sebagai papular urtikaria. Kondisi ini memang paling sering disebabkan oleh gigitan binatang, baik serangga maupun kutu.

Mengingat cerita yang Noor sampaikan gatal dan bentol lebih hebat saat bangun pagi dan sesudah shalat maka harus dicari sumber tempat kemungkinan ada kutu yang bersembunyi. Bisa dari barang di kasur, sprei, selimut atau boneka mungkin di ranjang, atau berasal dari sajadah yang sudah kotor. Untuk itu bersihkanlah barang-barang tersebut dan kemudian jemur di sinar matahari.

Untuk kondisi kulit yang ada bisa diberi bedak kocok dingin untuk menghilangkan gatal dan bentol. Keluhan ini akan hilang saat sumber penyakit sudah dibersihkan.

dr. Eddy Karta, SpKK

No comments: