Pages

Thursday, March 13, 2014

Ketika Anak Lebih Terbuka pada Tantenya Ketimbang Orang Tuanya

Halo Mbak Ratih, saya ibu dari dua anak. Anak pertama saya umurnya 13 tahun, perempuan. Dia itu jarang mau curhat sama saya padahal saya tahu kalau dia itu sudah mulai tertarik dengan lawan jenis. Saat hari libur atau malam setelah pulang kerja saya sudah sering ajak dia ngobrol tapi dia sering menghindar. Yang saya heran dia malah lebih terbuka pada tantenya (adik perempuan saya). Apa yang harus saya lakukan ya Mbak? Terimakasih.

Puspa (Perempuan menikah, 38 tahun)
puspaXXXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 165 cm, berat badan 53 kg

Jawaban

Dear Ibu Puspa,

Memiliki anak yang beranjak remaja memang sangat menarik perhatian dan membutuhkan kesabaran. Kita tidak bisa memaksakan apa yang ingin mereka ceritakan dan kepada siapa. Mungkin yang perlu Ibu perhatikan adalah apa yang membuat anak Ibu lebih nyaman bercerita kepada tantenya? Penerimaan adalah hal penting bagi anak dan ketika mereka bercerita terkadang mereka hanya ingin didengarkan. Apakah selama ini Ibu sudah menjadi pendengar yang baik terhadap anak Ibu?

Mulailah untuk membentuk kedekatan emosional terlebih dahulu pada anak, sehingga anak memiliki kenyamanan untuk menceritakan apapun yang ia alami tanpa diberikan judgement dari Ibu. Kedekatan bisa dibentuk dengan melakukan kegiatan yang menjadi kesukaan secara bersama-sama, atau saling bercerita, dll.

Semoga berhasil ya Bu.

Ratih Zulhaqqi, M.Psi

No comments: