Pages

Thursday, March 13, 2014

Mantan Pecandu: Kenapa Kalau Tak Pakai Narkoba Jadi Migrain?

aya adalah mantan pecandu narkoba. Selama menggunakan narkoba saya sering mengalami berhenti, tapi relaps (kambuh) lagi setelah sekian lama, dan itu terjadi berulang-ulang.

Pertanyaan saya adalah kenapa saya merasakan migrain setiap kali saya sedang tidak menggunakan narkoba atau berhenti? Apakah ada yang salah dengan kepala saya, karena sakit kepala saya sangat parah dan tak tertahankan? Terimakasih atas penjelasannya.

Ade (Pria Menikah, 37 Tahun), adeXXXXXXXX@yahoo.co.id
Tinggi Badan 171 Cm dan Berat Badan 70 Kg

Jawaban

Ade yang baik, zat-zat narkoba dapat menyebabkan peradangan dari pembuluh darah otak yang kita sebut sebagai vasculitis cerebri dan salah satu gejalanya adalah nyeri kepala tersebut.

Tidak hanya itu, peradangan tersebut yang biasanya disebut proses inflamasi dapat menyebabkan pembuluh darah otak mengecil secara sistemik , sehingga akan memperparah nyeri kepala Anda.

Datanglah ke dokter spesialis saraf atau spesialis saraf intervensi. Dengan pemeriksaan pencitraan otak dan pemeriksaan pembuluh darah otak dapat kita lakukan untuk Anda guna mengetahui kondisi atau status pembuluh darah di otak Anda, sehingga gejala nyeri kepala Anda dapat kita cari penyebabnya .

Walaupun begitu, nyeri kepala yang Anda rasakan dapat saja disebabkan oleh stressor yang timbul ataupun gejala putus obat yang telah lama (delayed complication). Sehingga pemeriksaan dari spesialis lainnya juga akan diperlukan. Terima kasih, semoga jawaban saya dapat membantu.

Dr. Fritz Sumantri Usman Sr,SpS, FINS

No comments: