Pages

Wednesday, March 12, 2014

Apakah Bayi Kembar Saya Tertukar, kok Satu Putih dan Satu Hitam?

Dokter, saya mau tanya anak saya kembar tapi kok tidak mirip keduanya, yang satu putih dan satunya hitam, serta mukanya sangat berbeda. Saya ragu dok, jangan-jangan anak saya tertukar saat dirumah sakit. Saya dan istri tidak mempunyai keturunan kembar. Apa memang ada kemungkinan orang yang tidak mempunyai keturunan kembar bisa mendapatkan bayi kembar?

Sobri (Laki-laki Menikah, 27 Tahun), identik.XXXXX@ymail.com,
Tinggi Badan 163 Cm, Berat Badan 54 Kg

Jawaban

Bayi kembar dapat bermacam-macam, bisa kembar identik atau tidak identik. Kembar identik berasal dari satu sel sperma dan satu sel ovum yang membelah sehingga karakteristik anak yang lahir mirip satu dengan yang lain.

Sedangkan kembar tak identik adalah pembuahan yang terjadi secara bersamaan oleh dua sel ovum dan sperma yang berbeda sehingga karakteristik fisik dari bayi kembar ini juga akan berbeda dan kadang tidak mirip satu sama lain.

Namun jika Bapak merasa kurang puas atau ragu-ragu dengan bayi kembarnya, maka dapat diperiksa melalui DNA apakah bayinya tertukar di rumah sakit atau tidak.

Dr Aditya Suryansyah SpA

No comments: