Friday, July 17, 2015

Bisakah Batu Kandung Kemih Dihilangkan dengan Sinar Laser?

Dokter, Bapak saya umur 63 tahun dan saat ini sedang kena batu karang (pengkristalan) di kandung kemih, besarnya sekitar ujung jari kelingking. Saran dari dokter dioperasi saja karena jika menggunakan laser sudah tidak bisa sebab batunya sudah terlalu besar. Jika operasi tidak boleh bekerja berat selama 1 tahun, tapi orangtua saya menolak karena ia juga menderita gula darah. Menurut dokter kira-kira orangtua saya masih bisa di sinar laser tidak ya? Terimaksih atas bantuannya.

Agriani (Perempuan Lajang, 27 Tahun), agriXXXX@gmail.com,
Tinggi Badan 156 Cm, Berat Badan 49 Kg

Jawaban

Nn Angraini yth

Mengenai orang tua Anda yang ada batu di kandung kemih, perlu dipastikan apakah ada pembesaran prostat karena umurnya sudah 60 tahun. Bila batu kandung kemih akibat pembesaran prostat maka pengeluaran batu sebaiknya sekaligus dengan prostatnya.

Mengenai pengeluaran batu kandung kemih (batu buli-buli), saat ini dengan kemajuan tehnologi sudah dapat dikeluarkan secara endoskopl (alat yang ada lensa dan kameranya di masukkan melalui alat kelamin, tentu dengan pembiusan). Dengan alat ini batu dapat terlihat jelas, kemudian batu dapat dipecahkan atau dihancurkan dalam ukuran kecil agar dapat dikeluarkan melalui alat endoskopl (tanpa operasi).

Untuk alat pemecahnya dapat berupa pemecahan secara mekanik (diremas dengan alat khusus), dengan gelombang laser, dengan gelombang listrik atau dengan gelombang suara.

Sedangkan untuk pemecahan batu buli-buli dengan alat ESWL (Pemecah batu dari luar tubuh dengan gelombang kejut) dilakukan pada batu yang ukuran kecil dan menggunakan alat ESWL tertentu. Untuk lebih jelas dapat berkonsultasi ke spesialis urologi.

Dr. Patriot Muslim Sp.U

No comments: