Pages

Tuesday, March 17, 2009

Kenapa Operasi Ganglion Harus dengan Bius Total?

Dokter di pergelangan lengan saya terdapat benjolan yang didiagnosa Dokter bedah adalah ganglion (benjolan kista seputar sendi), benjolannya terasa sakit sewaktu kuliah. Pernah dibawa ke Dokter dan hanya dilakukan tindakkan vacum, memang sedikt mengecil tetapi tumbuh kembali.

Saat konsultasi kembali saya disarankan untuk bedah dengan bius total. Bisakah operasi benjolan di pergelangan tangan dengan menggunakan bius lokal? Terimakasih.

Liyan (Perempuan Lajang, 24 Tahun), leyanfy@yahoo.com
Tinggi Badan 158 Cm dan Berat Badan 50 Kg

Jawaban

Operasi anggota gerak bagian atas memang disarankan menggunakan teknik anestesi umum atau anestesi lokal bila ukuran ganglion yang kecil, tidak mengganggu jaringan sekitar dan dengan perkiraan operasi singkat.

Apabila ganglion yang tumbuh kembali tersebut mempunyai ukuran lebih besar atau diperkirakan lebih rumit sehingga operasi dapat berlangsung sedikit lebih lama, maka akan dilakukan teknik anestesi umum.

Sebenarnya ada teknik anestesi Regional Block, dengan melakukan blok saraf sekitar area operasi. Hanya saja teknik ini memerlukan peralatan yang sedikit lebih canggih yang tidak semua RS telah menyediakannya.

Operasi ganglion yang diperkirakan berkisar antara 1 sampai 2 jam dengan tingkat kerumitan lebih, dokter anestesi akan melakukan anestesi umum. Ada beberapa jenis tindakan anestesi umum, dokter anestesi akan menyesuaikan dengan keperluan operasi.

dr. M. Helmi, Sp.An., MSc.

No comments: