Pages

Friday, March 13, 2009

Kapan Orang Harus Dibius Total dan Lokal?

Dok, bagaimana menentukan seorang pasien harus diberi bius total atau lokal? Soalnya terkadang pada kasus operasi yang sama pemberian biusnya berbeda. Apa saja yang jadi bahan pertimbangan Dokter dalam pemberian bius ini? Mohon dijelaskan. Terimakasih.

Andi (Pria Lajang, 28 Tahun), andi-akbar@yahoo.com
Tinggi Badan 170 Cm dan Berat Badan 54 Kg

Jawaban

Tindakan anestesi atau pembiusan utamanya terdiri dari tiga jenis yaitu lokal, regional dan anestesi umum.

Anestesi lokal dilakukan apabila tindakan operasi akan dilakukan terutama di daerah yang tidak memerlukan sayatan dalam dan lebar. Apabila berupa tumor, harapannya tumor yang akan di ambil tidak berukuran kecil dan tidak mengganggu jaringan lain.

Syarat lain adalah operasi yang dilakukan tidak lebih dari 1 jam. Contohnya untuk operasi lipoma atau ganglion. Dalam penggunaan anestesi lokal ini, pasien diharapkan untuk dapat kooperatif dengan dokter terutama saat operasi agar tidak menggerakkan anggota badan yang dioperasi.

Anestesi regional dilakukan dengan melakukan pengeblokan saraf yang menghantarkan rasa nyeri pada area yang akan dioperasi. Anestesi regional yang sering kita kenal adalah anestesi spinal yang dilakukan dengan melakukan penyuntikan obat anestesi melalui tulang belakang. Pada umumnya anestesi spinal dilakukan untuk operasi di daerah perut bagian bawah, panggul dan anggota gerak bawah. Operasi yang dilakukan juga diharapkan untuk yang diperkirakan tidak lebih dari 2 jam.

Teknik anestesi regional lain yang dikenal adalah epidural dan regional block. Anestesi epidural serupa dengan anestesi spinal, bedanya anestesi epidural dapat diberikan sampai ketinggian leher untuk mengurangi nyeri operasi bedah jantung.

Sedangkan regional block merupakan teknik anestesi yang memerlukan alat khusus untuk dapat mengetahui saraf nyeri spesifik untuk anggota tubuh tertentu. Biasanya dilakukan untuk operasi anggota gerak atas atau bawah (tangan atau kaki) tertentu.

Semua teknik anestesi di atas memungkinkan pasien untuk dapat tetap sadar selama operasi. Tetapi dapat juga dilakukan pemberian sedasi atau obat untuk menenangkan pasien saat operasi, terutama apabila pasien terlalu cemas.

Anestesi umum dapat dilakukan untuk semua jenis operasi. Dokter anestesi akan membuat pasien tertidur selama operasi. Teknik anestesi umum juga ada beberapa jenis, dari yang menggunakan obat yang melalui jalur infus saja, sampai dengan menggunakan alat bantu napas. Anestesi umum dapat dilakukan untuk operasi yang sangat lama dengan prosedur operasi yang lebih kompleks.

dr. M. Helmi, Sp.An., MSc.

No comments: