Pages

Thursday, October 1, 2009

Meminta saran

Sudah sejak payudara saya membesar (10 th) ada bejolan kecil (di luar) disamping
puting. Kata dokter itu pappiloma tepel. Saya ditawari untuk operasi kecil. Tapi
saya ragu kalau nanti malah dapat menyebar dan berkembang cepat. Besar benjolan
kira-kira sebesar biji kacang hijau. Tolong kirimkan saran ke email saya apa
yang sebaiknya harus saya lakukan. Terima kasih

- Nina -Â

Jawaban : Â

Sayangnya anda tidak menyebutkan secara lengkap
- Usia sekarang
- Ukuran benjolan membesar ataukah tetap sebesar biji kacang hijau?
- Gejala yang muncul; gatalkah? nyeri? tidak ada rasa?

Prinsipnya, sebuah benjolan di area payudara jangan dianggap ringan sampai ada bukti yang menyatakan bahwa benjolan itu jinak. Sebaiknya diperiksa secara intensif karena kasus tumor payudara tergolong tinggi. Demikian jawaban yang bisa saya berikan.Â

dr. Naf'an Akhun

1 comment:

Puji Lestari Supardjo said...

Saya mau tanya, saya perempuan, Agustus 2014 ini baru menginjak 27 tahun, dan saya belum menikah. Saya biasa melakukan cek raba untuk daerah payudara saya, di tanggal 27 November 2013, saya menemukan ada benjolan di payudara saya sebelah kiri, yang letaknya sebelah kiri puting, jaraknya 3cm agak keatas, benjolannya seperti bulat dg diameter 0,7cm dan benjolan ini bentuknya padat, seperti daging atau otot gitu Dok. Karena posisi waktu itu saya sedang halangan, jadi saya kira karena gangguan halangan saja, tapi setelah halangan selesai, satu minggu… dua minggu… sampai satu bulan, bahkan sampai sekarang, benjolannya masih ada, tidak terasa sakit, juga ada ciri2 yang lain, saya mau coba tes ke dokter, tapi saya takut, malah saya ingin mencoba minum air rebusan sirsak saja. Tapi karena masih ragu… sampai sekarang (jalan 4bulan) saya belum ambil tindakan apa-apa. Bisa dibantu itu apa ya Dok? Atau jalan apa yang harus saya lakukan?