Pages

Saturday, April 3, 2010

Apakah suntikan BCG meninggalkan bekas

Selamat pagi Dokter. Anak saya sekarang usia 6 bulan, yang akan saya tanyakan tentang suntikan BCG (sudah diberikan sesuai jadwal) apakah betul kalau setelah disuntik BCG harus ada bekasnya di kulit? karena punya anak saya tidak berbekas. lalu apa efeknya jika tidak berbekas. Mohon jawaban nya segera. Saya tunggu di email saya terimakasih banyak

- Maya -

Jawaban :Â

Ibu Maya yang saya hormati, Vaksin BCG adalah kuman yang dilemahkan. Tujuannya adalah memicu imunitas alami dari tubuh anak. Bekas di kulit (Scar) yang timbul merupakan tanda terjadinya proses peradangan ringan di tempat penyuntikan, sehingga biasanya timbul pada penyuntikan imunisasi BCG. Jika pada penyuntikan tidak di dapatkan bekas, ada baiknya dilakukan test matoux untuk menilai apakan imunisasi BCG tersebut berhasil atau tidak. Jika hasilnya positif, maka sebenarnya imunisasi telah berhasil, namun jika negative, sebaiknya dilakukan imunisasi ulang. Semoga penjelasan singkat ini dapat membantu.

Terima Kasih

-Dr. Emma Savitri -

No comments: