Pages

Saturday, April 3, 2010

Panas anak yang tidak turun

Dengan Hormat,

Ibu dokter, saya ingin tanya. Anak saya ini sering panas. Dua tahun silam punya riwayat sakit tipus dan flek.Tapi semua itu sudah sembuh dalam perawatan RSU. Panas anak saya 2-3 hari panas,trus 2 hari sembuh demikian terus selanjutnya. Sebagai Orang tua kami hanya bisa memberi obat penurun panas. Apakah penyakit anak kami itu dokter.Atas perhatian kami ucapkan terimakasih.Â

- Margana -

Jawaban :

Ibu Margana yang saya hormati, kami mengerti dan memahami kerisauan ibu. Panas merupakan infeksi yang penyebabnya sangat beragam antara lain dapat disebabkan karena bakteri, virus maupun jamur.
Sayang ibu tidak mencantumkan usia anaknya, karena pada anak-anak balita penyebab yang tersering adalah karena infeksi didaerah telinga dan pada anak-anak yang lebih besar dapat disebabkan karena infeksi didaerah pernafasan atau perut. Panas dapat pula disebabkan karena penyakit darah, maka bila anak sering mengalami panas yang berulang sebaiknya diperiksakan ke dokter spesialis anak untuk dilakukan pemeriksaan yang lebih teliti lagi, bahkan mungkin diperlukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium. Semoga informasi ini membantu.

Demikian penjelasan dari saya, semoga ibu dapat memahaminya.Â

Terima Kasih

- Dr. Diana Iswanto -

3 comments:

dgergAJI said...

Siang Dr. Diana Iswanto,

Anak kami berumur 16 bln,
lahir pada usia kandungan 7 bulan,
terkena infeksi paru-paru (asma, batuk & pilek),
bila demam/panas selalu mencapai 42 derajat celsius.

Apakah ada solusi bagi kesehatannya agar dapat sembuh dari penyakit tersebut ATAU adakah alternatif pengobatan/terapi yang bisa dilakukan?

Terima kasih,
Mimi Abel

Unknown said...

dokter, anak saya umur 6 bl. panas sehari, hari beriktnya dingin, hari ketiga panas lagi. kenapa ya.
kata dokter cuma panas biasa.

Anonymous said...

Dokter, anak saya berumur 5 hari, udah 3 hari panas nggak turun turun, terus kalau telat menyusui dia akan menangis sekuat kuatnya , bagaimana solusinya supaya panasnya turun dan gejala lain tersebut ..?

Terima kasih.
FADLI