Pages

Sunday, April 11, 2010

Keluar darah dari hidung

Saya mau bertanya buat istri saya ? begini dok istri saya tidak pernah sama sekali keluar darah dari hidungnya
namun suatu hari darah tersebut tiba-tiba keluar dan berlangsung lama, setiap kali makan pedas atau cabe pasti keluar. Kadang juga kalau lagi nggakmakan cabe keluar juga dan darahnya pernah keluar pada saat bangun tidur, yg saya heran kenapa begitu lama tidak pernah keluar darah kok tiba-tiba sekarang bisa keluar darah. dan kalau keluar darahnya suka lama berhentinya tapi langsung disumpel pake siri atau tisu ? apakah ada kemungkinan dia kena kanker ? saya sudah anjurkan untuk cek up namun dia takut ?? mohon bantuannya dok !! TERIMAKASIH sebelumnya !!! maaf menggangu ?

- Roby -Â

Jawaban :

Bapak Roby yang saya hormati,Â

Untuk Bapak yang perhatian kepada istrinya,
Penyebab paling sering untuk darah yang keluar dari hidung adalah karena udara yang kering. Kondisi medis yang dapat menyebabkan mimisan adalah alergi, sinusitis (radang rongga udara sinus), flu, dan septum deviasi (tulang hidung yang bengkok). Anda harus khawatir jika mimisan sering disertai dengan memar dan perdarahan di bagian tubuh yang lain.

Sebaiknya Anda periksakan istri Anda ke dokter THT jika mimisan terjadi >20 menit dan sering disertai dengan memar serta perdarahan di bagian tubuh yang lain.

Demikian penjelasan dari saya, semoga bapak dapat mengerti.

Wassalam

- Dr. Niken Sasanti Ardi -

1 comment:

Anonymous said...

Dokter, anak saya berumur 5 hari, udah 3 hari panas nggak turun turun, terus kalau telat menyusui dia akan menangis sekuat kuatnya , bagaimana solusinya supaya panasnya turun dan gejala lain tersebut ..?