Pages

Thursday, April 1, 2010

Vitamin E Bisa Meningkatkan Kesuburan ?

Dear Dokters,

Saya dan suami sudah menikah 7 bulan, tapi sampai sekarang saya belum juga hamil, saat ini kami berdua sering minum vitamin natur E. Dok, apakah vitamin nat ur E bisa meningkatkan kesuburan dan apakah tidak ada efek ke rahim kalo saya meminumnya setiap hari. Dan Vitamin apa yang bisa meningkatkan kesuburan.

Terima kasih.
-Ami-

Jawaban:Â

Dear Ny. Ami,

Setahu saya komposisi nature E yaitu vitamin E.
Menurut penelitian memang telah terbukti pada pasangan yang infertil. Perbandingan pasangan infertil yang mendapatkan vitamin E dan tidak, kemungkinan untuk hamil, lebih besar pada pasangan yang mendapatkan vitamin E.

Mengenai efek samping akibat penggunaan vitamin E tidak ada kecuali bila Anda mengkonsumsi lebih dari 2.000 IU atau lima sampai sepuluh kali dosis biasa sehari. Jika vitamin E sangat berlebihan dalam darah dapat muncul gejala perdarahan karena system pembekuan darah terganggu. Selain dari suplemen Anda dapat pula mendapatkan kandungan vitamin E dalam minyak zaitun,minyak bunga matahari,kacang dan sayuran hijau.

Sebaiknya Anda dan suami memeriksakan diri ke dokter spesialis obg-gin untuk diperiksa status fertilitasnya sehingga dapat lebih dipastikan kondisi Anda berdua.

Semoga jawaban saya sedikit banyaknya dapat menjawab pertanyaan Saudara.
Apabila ada hal-hal yang masih perlu Saudara tanyakan, saya persilakan.
Terima kasih atas pertanyaannya.

Wassalaamu'alaikum.
(Dr. Ika Susanti)

No comments: