Pages

Wednesday, March 31, 2010

Bercak darah di sela- sela waktu haid

Dok, Saya wanita usia 29th, ibu dari 2 orang anak (5th & 3 bulan). Setelah melahirkan, darah nifas yang keluar tidak berlangsung lama, hanya sekitar 3 minggu, itupun sedikit2.Tapi pada hari yang ke 40 tiba-tiba keluar darah banyak seperti haid, dan ketika saya tanyakan ke bidan, katanya itu memang darah haid dan itu berarti saya subur (benar ga Dok?). Karena khawatir hamil lagi, saya langsung pasang IUD. Beberapa hari kemudian, setelah saya berhubungan dengan suami (untuk pertama kalinya setelah melahirkan) paginya keluar darah tapi cuma sekitar 2 hari.(tadinya saya kira karena pasang IUD...) Haid saya keluar lagi setelah hari ke 44 (siklus yang lama banget ya Dok...). Beberapa hari yang lalu saya juga menemukan keputihan bercampur darah, hanya sedikit dan hanya 1 hari. Mengingat banyaknya kasus kanker rahim, saya jadi khawatir nih Dok.. mohon penjelasan secepatnya kira2 saya kenapa dan harus bagaimana. trimakasih sebelumnya dan maaf kalau bahasanya kacau ya Dok...

-Ratna-Â

Jawaban :

Yth Mba Ratna

Darah yang keluar saat hari ke 40 merupakan darah yang normal. Tapi untuk keputihan bercampur darah, saya sarankan Anda untuk menemui dokter ahli kandungan sehingga keputihan Anda bisa diperiksa, apakah keputihan tersebut merupakan pertanda kanker atau tidak. Perlu diketahui, tidak semua keputihan artinya kanker, sehingga Anda juga tidak perlu merasa cemas.

Jika dari hasil pemeriksaan dokter tidak ditemukan adanya kanker, Anda disarankan melakukan pemeriksaan Pap Smear sekurang-kurangnya 1 tahun sekali, lebih baik dilakukan pada hari 10-20 dari siklus haid, dan 24 jam sebelumnya jangan melakukan hubungan suami istri.

Saya harap keterangannya cukup membantu. Terimakasih atas pertanyaannya.

Wassalam

- Dr. Anggraini -

No comments: