Pages

Sunday, March 28, 2010

Sakit Setelah Kencing, Kencing Tidak Tuntas

Assalamu'alaikum wr,wb

nama saya sugiharto,saya berumur 22 tahun belum menikah. akhir-akhir ini saya merasa ada gangguan pada alat kelamin saya.setiap saya menahan air kencing alat kelamin saya terasa sakit dan anus saya terasa sakit dan panas.kata dokter, waktu itu saya sempat menderita penyakit infeksi saluran kencing. yang ingin saya tanyakan: apakah saya menderita penyakit tersebut kalau dilihat dari ciri-cirinya dan atau ada penyakit yang lain mis penyakit kelamin. saya sering melakukan onani apakah hal itu berpengaruh pada apa yang saya rasakan saat ini, dan apakah onani juga bisa menyebabkan penyakit kelamin.apa solusi untuk mencegah atau mengobatinya.
mohom dokter dapat membantu saya. terima kasih sebelumnya
-Sugi-

Jawaban:
Sebelumnya terima kasih atas pertanyaannya.

Berikut akan dijelaskan secara singkat mengenai infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih (ISK) adalah istilah umum yang dipakai untuk menyatakan adanya invasi mikroorganisme pada saluran kemih. ISK dapat mengenai baik laki-laki maupun perempuan dari semua umur baik pada anak, remaja, dewasa, maupun pada usia lanjut. Akan tetapi dari kedua jenis kelamin, ternyata wanita lebih sering dari pria. Untuk menyatakan adanya ISK harus ditemukan bakteri di dalam urin. Saluran kemih normal tidak dihuni oleh bakteri atau mikroba yang lain. ISK biasanya disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur.

Proses masuknya kuman ke dalam kandung kemih belum diketahui dengan jelas. Beberapa faktor yang mempengaruhi masuknya mikroorganisme ke dalam kandung kemih adalah:

- Faktor anatomi
Kenyataan bahwa ISK lebih banyak pada wanita dari pria disebabkan karena: saluran kemih wanita bagian bawah lebih pendek dan terletak lebih dekat pada anus, pada saluran kemih pria bermuara kelenjar prostat dan cairan prostat dikenal sebagai antibakteri yang kuat

- Manipulasi saluran kemih bagian bawah
Misalnya manipulasi manual pada masturbasi atau pada hubungan kelamin.

Penyakit yang Saudara alami mungkin dapat berawal dari kebiasaan onani. Tangan yang tidak bersih dapat memicu terjadinya infeksi pada alat kelamin dan saluran kencing. Infeksi yang sering terjadi adalah infeksi asendens (dari saluran kemih bagian bawah naik ke saluran kemih bagian atas seperti ginjal) yang berasal dari saluran pencernaan (anus). Kuman-kuman yang berasal dari anus dapat menjalar ke saluran kencing atau kelamin melalui kontaminasi tangan. Walaupun pada pria infeksi saluran kencing asendens jarang terjadi akibat jauhnya jarak antara anus dan saluran kencing, namun onani memungkinkan hal ini terjadi akibat manipulasi yang dilakukan. Rasa sakit pada anus dapat merupakan infeksi akibat penyebaran langsung dari infeksi saluran kemih yang terjadi.

Untuk mencegahnya tentu saja kembali kepada kebiasaan onani tersebut. Hindarilah kebiasaan tersebut, salah satu caranya antara lain menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan sehingga dapat mengalihkan pikiran Anda dari kebiasaan tersebut. Untuk mengobatinya berkonsultasilah dengan dokter mengenai keluhan yang dialami, dan dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai. Jangan tunda pengobatan karena bila terlambat ditangani, komplikasi akibat ISK dapat memperberat keadaan, antara lain infeksi dapat mengenai kandung kemih, ginjal, bahkan ke organ-organ tubuh lain melalui penyebaran lewat aliran darah.

Demikian jawaban saya, semoga dapat bermanfaat.

(Dr. Ida Ratna)

2 comments:

ds said...

saya juga merasakan ky gtu dok, gmn ini? sy takut ke dokter, saya juga sering onani . cara penyembuhanya gmn dok? yg alami aja

mohon di balas

Anonymous said...

saya juga mengalaminya dok,,,saat ini saya sedang sakit,,tp kadang hasrat ingin melakukan onani itu ada,,,tp saya urungkan,,,pertanyaannya adalah,,, apa boleh onani saat sakit ISK??